BekasiBerita UtamaMetropolis

Tumpuan Jembatan Patal Bergeser

Alat Pantau Dipasang

DIBATASI: Pengendara sepeda motor melintasi di Jembatan Patal, Jalan Telukbuyung, Kelurahan Margamulya, Bekasi Utara, Minggu (5/1). Retaknya jembatan membuat akses kendaraan dibatasi. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Hasil pengamatan pihak konsultan, dibenarkan terjadi pergeseran tumpuan jembatan (bearing pad) di Jembatan Patal, penghubung kawasan Bekasi Utara dan Bekasi Timur.

Jenis kendaraan yang melintas juga dibatasi. Setelah sebelumnya kendaraan roda empat dilarang melintas, hasil kajian pihak Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) yang menggandeng pihak konsultan, kendaraan minibus diperbolehkan melintas.

”Tapi intinya besok pagi (hari ini) bisa dibuka, tadi saya sudah lapor pak wakil (Wakil Wali Kota), kebetulan pak wakil tadi datang ke lokasi juga, sudah kita sampaikan besok pagi bisa dibuka tapi untuk kendaraan kecil ya, bukan truk yang gede,” terang Kabid Peningkatan Jalan dan Jembatan DBMSDA Kota Bekasi, Idi Susanto, Minggu (5/1).

Kondisi jembatan dijelaskan mengalami pergeseran. Jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, maka ditakutkan terjadi pergeseran lebih parah. Dibukanya jembatan tersebut diakuinya sudah mendapatkan rekomendasi dari pihak konsultan.

Saat ini pihaknya tengah berkoordinasi bersama dengan Kementerian PUPR untuk perbaikan jembatan. Idi menambahkan, petugas dari kementerian sudah melihat jembatan yang ada di Jalan Telukbuyung, Kelurahan Margamulya, Bekasi Utara tersebut.

Alat yang sebelumnya dipasang untuk memantau pergerakan jembatan tetap dibiarkan, hal ini dilakukan guna mengetahui pergerakan jembatan sewaktu-waktu.

”Ini masih bisa berapa bulan, masih bisa (digunakan). Makannya kita juga masih tetap taruh alat di atas buat mantau pergerakan, takut ada hujan kenceng lagi,” lanjut Idi.

Diperkirakan untuk memperbaiki jembatan tersebut dibutuhkan anggaran sekira Rp1 miliar. Sementara diwaktu yang lain, Sekertaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi, Enung Nurcholis akan mempersiapkan personel untuk berjaga di wilayah sekitar.

”Nanti disana juga akan disiapkan pengaturan dari personel kita, termasuk dari polantas,” singkat Enung.

Sejumlah ruas jalan yang sempat tertutup aksesnya akibat banjir, saat ini tengah berangsur normal. (sur)

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button