BekasiBerita UtamaMetropolis

Jalan Cikunir Terdampak Kereta Cepat

Rencana Ditutup untuk Umum

BANGUN TIANG: Pekerja sedang mengerjakan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung di kawasan Cikunir belum lama ini. Pengerjaan KCIC itu bakal menutup ruas Jalan Cikunir hingga 2 September 2020. RAIZA SEPTIANTO/ RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Penutupan Jalan Cikunir Raya yang sebelumnya dijadwalkan hari ini (9/1) dipastikan diundur, menyusul masih diberlakukannya status tanggap bencana pascabanjir di Kota Bekasi.

Diketahui, rencana penutupan berkaitan dengan proyek trase Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB). Total sebanyak 24 girder bakal berada di jalan tersebut.

Di beberapa titik jalan, sudah terpasang spanduk pemberitahuan penutupan jalan hingga delapan bulan selama pelaksanaan proyek di lokasi itu. Dalam spanduk tertulis, rencana penutupan jalan mulai 9 Januari hingga 2 September mendatang.

Rencana penutupan jalan ini dibenarkan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi. ”Jadi untuk KCIC itu mau ada trasenya yang lewat di Jalan Cikunir Raya, karena dia mau pasang sekitar 24 girder diatas jalan Cikunir Raya,” jelas Kabid Lalulintas Dishub Kota Bekasi, Ali Ikhwanudin, Rabu (8/1).

Penundaan tersebut dijelaskan karena keadaan tanggap bencana masih berlangsung usai sebagian besar wilayah Kota Bekasi direndam banjir. Serta cuaca ekstrem yang diprediksi masih terjadi.  Penutupan jalan rencananya dapat dilaksanakan setelah keadaan kembali normal.

Disisi lain, Dishub Kota Bekasi masih menunggu PT KCIC untuk mensosialisasikan hal ini kepada warga sekitar. Hingga saat ini pihaknya belum menerima informasi lebih lanjut perihal kesiapan KCIC untuk dilakukan penutupan jalan.

Senada, Sekretaris Dishub Kota Bekasi, Enung Nurcholis juga memastikan penutupan jalan dalam waktu yang lumayan lama tersebut tidak dilakukan hari ini. Sementara ini pihaknya masih menunggu informasi lebih lanjut dari PT KCIC.

”Masih menunggu informasi lebih lanjut dari KCIC, kita juga masih kondisi tanggap bencana,” singkat Enung.

Diketahui, Jalan Cikunir Raya menghubungkan wilayah Bekasi Selatan, tepatnya di area perumahan Galaxy menuju ke wilayah Kecamatan Jatiasih. Melalui jalan ini, pengemudi bisa memangkas jarak tempuh dibandingkan melintas melewati Jalan KH Noer Alie, atau melalui jalan kawasan perumahan Galaxy. (sur)

Related Articles

Back to top button