BekasiBerita UtamaBudayaCikarang

Topeng Bekasi Terancam Punah

TOPENG BEKASI: Ki Sawal Jagur memperlihatkan salah satu topeng Betawi Bekasi di rumahnya di Kampung Pangkalan Babelan, Kabupaten Bekasi, Minggu (12/1). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kesenian Topeng Bekasi dahulu begitu terkenal, bahkan banyak orderan dari para pengiat seni asli Bekasi. Namun seiring berjalan nya waktu dan perkembangan zaman, saat ini pesanan terhadap topeng tersebut sudah jauh berkurang.

Hal ini disampaikan Pimpinan Kesenian Teguh Jaya Laksana, Kampung Pangkalan, Babelan, Sawal Jagur. Pria asli Bekasi ini mengaku sudah menggeluti kesenian itu sejak 30 tahun.

”Saya menggeluti topeng Bekasi, wayang Bekasi, odong-odong hingga debus,” kata Sawal.

Ia mangaku mencintai seni budaya Bekasi, lantaran ada keturunan seniman dari sang ayah.

”Karena ayah saya dulu pemain seni, sehingga jadi turun ke saya yang awalnya cuma sopir,” ucapnya.

Sawal menjelaskan, topeng Bekasi hanya ada di Bekasi. Bahkan kalau di Jakarta pada kurang mengetahui, melainkan hanya sebatas topeng monyet.

”Saya dulu sudah main ke banyak tempat, diantaranya Banten, Bogor, Bandung. Bahkan tidak jarang diundang oleh berbagai unsur  pemerintahan,” klaimnya.

Kata Sawal, dulu rame, orderan sebulan bisa puluhan kali. Sekarang ya sepi. ”Makanya saya juga enggak cuma topeng, tapi main juga di wayang, odong-odong,” tuturnya.

Sawal berharap, karena topeng Bekasi berbeda dengan kesenian dari daerah lain, sehingga tetap harus dilestarikan.

”Karena kalau dibaiarkan, saya khawatir orang-rang pada ga kenal budayanya sendiri,” tutupnya. (and)

Close