BekasiBerita UtamaCikarang

DPRD Dorong Pembangunan Tak Tertunda

JEMUR PAKAIAN: Warga sedang menjemur pakaian di bantaran sungai Desa Setiamekar, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Senin (13/1). Akibat belum berjalannya program Berseka Pemerintah Kabupaten Bekasi, membuat penataan titik-titik pemukiman kumuh di bantaran sungai belum tersentuh. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kabupaten Bekasi mengimbau Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi untuk segera merealisasikan pembangunan serta program kerja demi kepentingan masyarakat.

Hal itu terkait bahwa Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Tahun 2020 oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) telah disetujui oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi.

”Kami berharap program yang menyangkut kepentingan masyarakat bisa direalisasikan dengan cepat, sebab kalau ditunda, nanti berdampak terhadap Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) Tahun 2020. Dan yang dirugikan masyarakat juga,” ujar Ketua Banmus DPRD Kabupaten Bekasi, Aria Dwi Nugraha, Senin (13/1).

Oleh sebab itu, ia meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk segera merealisasikan kegiatan-kegiatan yang telah disepakati tahun 2020 ini.

”Tanggal 10 Januari 2020 sudah dilakukan penandatanganan DPA. Dan Pengesahan APBD Tahun 2020 juga telah dilakukan pada bulan November 2019 lalu. Berdasarkan aturan yang berlaku dan hasil verifikasi APBD dari Provinsi Jawa Barat ke DPRD, Pejabat Pengelola Keuangan Daerah (PPKD), dan sampai menjadi DPA SKPD, waktu yang dibutuhkan paling lama hanya lebih kurang 40 hari kerja,” terangnya.

Menurut Aria, jika dihitung berdasarkan pengesahan APBD, semestinya program kegiatan pada APBD 2020 sudah bisa dilaksanakan pada awal tahun anggaran.

”Untuk itu, saya meminta kepada OPD agar segera merealisasikan program kegiatan yang telah direncanakan. Sehingga pembangunan di Kabupaten Bekasi tidak tersendat, apalagi molor seperti tahun-tahun sebelumnya,” tegas Aria.

Selain itu, Aria juga akan meminta Alat Kelengkapan Dewan (AKD) untuk selalu melakukan pengawasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.

”Selain OPD melakukan evaluasi, kami di DPRD juga akan meningkatkan pengawasan dan kualitas kinerja untuk kepentingan pembangunan bagi masyarakat Kabupaten Bekasi,” janjinya. (and)

Tinggalkan Balasan

Close