Berita UtamaMetropolis

Rp2 Miliar Perbaiki Tiga Jembatan

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi mengajukan Rp2 miliar untuk memperbaiki tiga jembatan di sepanjang aliran Kali Bekasi. Tiga jembatan tersebut yakni jembatan Kemang Pratama Pekayon jembatan Patal Margamulya, dan Jembatan Besi Telukpucung.

Ketiga jembatan tersebut setelah dilakukan pengecekan, membutuhkan perbaikan setelah volume air kali Bekasi memuncak awal tahun 2020. Debit air yang sangat tinggi juga menyebabkan banjir di sepanjang aliran Kali Bekasi.

”Kemarin diatas dua miliar (usulan),” kata Kasi Peningkatan Jalan dan Jembatan DBMSDA, Idi Susanto, Minggu (19/1).

Ketiga jembatan tersebut saat ini masih bisa dilalui kendaraan, hanya membutuhkan perbaikan sedikit untuk pemeliharaan jembatan. Alat yang digunakan untuk memantau pergerakan jembatan yang sebelumnya diletakkan di jembatan patal, saat ini telah dilepas, lantaran air kali Bekasi dan intensitas hujan sudah cenderung menurun.

Untuk pelaksanaan perbaikan jembatan, saat ini pihaknya tengah menunggu anggaran yang sebelumnya telah diajukan. Setelah itu baru memulai proses lelang untuk segera melaksanakan perbaikan jembatan.

Kondisi jembatan sedikit parah terjadi pada jembatan Patal. Jembatan ini perlu pergantian bearing pad dan bagian sayap agar kembali kokoh dan aman untuk digunakan.

”Yang rada itu (parah) mah yang di patal, musti ganti bearing pad, kalau yang di Kemang musti ganti sisi jalan pendekatnya aja. Nggak terlalu sebenarnya (kerusakan jembatan besi), tapi ya kemarin sudah kita usulin menjadi satu kesatuan, perbaikan dikit-dikit lah,” tukasnya.

Dari ketiga jembatan tersebut, arus lalu lintas yang cukup padat ada di jembatan Kemang Pratama dan jembatan besi Telukpucung. Di hari-hari kerja, lalu lintas di jembatan ini selalu nampak padat, terutama di jam sibuk, saat berangkat dan pulang kerja. (sur)

Close