Berita UtamaCikarang

Sejumlah OPD akan Dirombak

GEDUNG PEMKAB: Ini dia Gedung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi yang rencananya akan ada perombakan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pasca-disetujuinya perubahan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah oleh Gubernur Jawa Barat, maka dalam waktu dekat akan ada perombakan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi, Ani Rukmini mengatakan, pihaknya sudah menyerahkan perubahan Perda OPD tersebut kepada Bupati dan Sekda. Sehingga, Pemkab Bekasi harus menjalankan amanat Perda tersebut

”Perdanya kan sudah disahkan, dan telah diajukan ke Gubernur Jawa Barat, lalu dikembalikan kepada kami, tinggal persetujuan ketua dewan,” ujar Ani,  Senin (20/1).

Pada prinsipnya, tambah Ani, pihaknya menyerahkan hal itu kepada ahlinya dan yang memahami, termasuk strukturnya. Ia berharap, dengan adanya penambahan atau perubahan OPD, setiap perangkat daerah bisa lebih fokus menjalankan program kerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi).

Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi pada Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Bekasi, Iis Sandra Yanti membenarkan jika Perda Perubahan OPD telah disetujui oleh Pemprov Jawa Barat.

Kendati demikian, pihaknya masih perlu melakukan penyesuaian terhadap perubahan OPD ini.

”Kalau untuk pengaplikasiannya mungkin kami masih perlu melakukan mapping, mulai dari program kegiatan maupun anggaran yang ada,” terang Iis.

Dijelaskan Iis, perubahan OPD ini tidak hanya sekadar merubah struktur di dalamnya, tetapi juga harus menyesuaikan banyak hal. Terutama di Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) yang saat ini dimekarkan menjadi dua dinas.

”Ada dinas yang sudah dimekarkan, makanya kami coba bahas intensif dulu, kira-kira ini mau dilaksanakan tahun ini atau saat anggaran perubahan,” tuturnya.

Lanjut Iis, Dinas PUPR saat ini terbagi dua, sedangkan Bakesbangpolda naik kelas dari tipe B ke tipe A, dan menambah 1 bidang, lalu Inspektorat menjadi Inspektorat Daerah menambah satu Urban.

”Sementara Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) menjadi unit organisasi bersifat khusus kelas B dan merubah direkturnya yang semula jabatannya eselon IIIA menjadi eselon II B, serta ada tambahan wakil direktur,” pungkas Iis. (and) 

Close