BekasiLalulintas

Asal-usul Jalan Mayor Oking

Sejumlah orang berpendapat bahwa nama Mayor Oking yang dijadikan nama jalan di kawasan Pasar Proyek adalah berasal dari seorang tokoh Tionghoa.

Namun demikian, Sejarawan Bekasi Ali Anwar membantahnya. Ia menjelaskan nama Mayor Oking sebenarnya adalah nama pahlawan yang beretnis Sunda.

“Nama lengkapnya Mayor Oking Jaya Atmaja. Itu sebenarnya yang saya juga protes kepada pemerintah, dan pihak-pihak berwenang. Nama jalannya dilengkapi aja,” ujarnya saat dihubungi pojokbekasi.com, (Group Radar Bekasi) belum lama ini.

Ia berpendapat, apabila nama Mayor Oking tak disertakan secara penuh, maka akan membuat masyarakat keliru karena seakan-akan nama itu berasal dari etnis Tionghoa.

”Sebenarnya dulu Jalan Mayor Oking dari Bekasi hingga ke Bogor. Dulu itu Jalan Mayor Oking Atmaja itu dari Pasar Proyek sampai ke Cibinong,” jelasnya.

Nah, sekarang kepotong-potong. Ada Jalan Kartini, Jalan Siliwangi (Jalan Narogong). Berdasarkan penelusuran redaksi melalui aplikasi GMaps, di Cibinong, Bogor, nama Mayor Oking tertulis lengkap sebagai ’Jalan Raya Mayor Oking Jaya Atmaja’.

Ia juga mengungkapkan ketidaksetujuan atas rencana Pemerintah Kota Bekasi menjadikan Pasar Proyek sebagai Pasar Pecinan.

”Saya tidak setuju pemerintah ada rencana untuk menjadikan Pasar Proyek dijadikan Pasar Pecinan. Beberapa tahun lalu ada rencana,” katanya mengakhiri wawancara.(adika/pjk)

Related Articles

Back to top button