BekasiCikarangPemerintahanPemiluPolitik
Trending

PILKADES

Antisipasi Konflik Sosial

Antisipasi Konflik Sosial

RADARBEKASI.ID, BEKASI –  Untuk mengantisipasi adanya konflik sosial pada Pilkades Kabupaten Bekasi 2020 nanti, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Bekasi bakal membentuk tim independen.

Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa pada DPMPD Kabupaten Bekasi, Maman Firmansyah mengatakan, pihaknya sudah memiliki rencana untuk membentuk tim independen dalam rangka penyelesaian konflik sosial di tengah masyarakat saat Pilkades serentak di 16 Desa nanti.

”Ya, untuk penyelesaian konflik Pilkades serentak kita akan siapkan tim independen. Selain itu, kita juga kan nantinya akan dibantu dengan Polres dan Kodim guna persiapan pengamanan antisipasi kerawanan dan konflik sosial di masyarakat,” kata Maman kepada Radar Bekasi.

Namun terkait siapa saja yang akan ditunjuk dan mengisi tim independen tersebut, diakui Maman, sampai saat ini pihaknya belum bisa memastikannya. Hal ini lantaran, pihaknya masih dalam tahap persiapan-persiapan awal, seperti koordinasi dengan aparat keamanan dan pembekalan panitia yang telah terbentuk di masing-masing desa oleh BPD.

”Kita belum memastikan siapa-siapa saja yang akan mengisi tim independen, karena kita sendiri masih proses persiapan awal dan koordinasi-koordinasi dengan pihak terkait,” ujarnya.

Lebih jauh, kata Maman, pihaknya berharap pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Bekasi dapat berjalan aman, lancar, dan kondusif. Adapun terkait aspek-aspek potensi kerawanan sendiri telah dapat dideteksi secara dini oleh pihak kepolisian dan TNI.

”Intinya kita berharap, Pilkades serentak di Kabupaten Bekasi berjalan aman, lancar, dan kondusif. Tidak perselisihan atau konflik sosial apapun di masyarakat,” tandasnya.

Sekadar diketahui, Pilkades Kabupaten Bekasi akan diikuti sebanyak 16 Desa. Pilkades akan dilaksanakan pada 19 April mendatang. Saat ini, sedang menunggu petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan petunjuk teknis (Juknis) pelaksanaan Pilkades. (Cr49)

Related Articles

Error, no group ID set! Check your syntax!
Back to top button