Bekasi
Trending

Tekad Kembangkan Smart Drone untuk Pertanian

Kiprah Imam Pesuwaryantoro (27) Usai Sukses dengan Platform Nyayur.id


SMART DRONE: Imam Pesuwaryantoro (27), bersama salah satu buah karya smart drone yang kini terus dikembangkan usai platform Nyayur.id manyabet juara internasional. IST/RADAR BEKASI

Imam Pesuwaryantoro (27) melalui salah satu platform yang ia rintis, yakni Nyayur.id kembali mengharumkan nama Kota Bekasi dan Indonesia di level internasional. Dia berhasil memboyong penghargaan Changemakers Speed Grant Opportunity 2020. Seperti apa perjalananya?, berikut laporannya.

SURYA BAGUS

Rawalumbu

Pemuda yang tinggal di Jalan Taman Sari, RT 01/03 Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, ini juga pernah menyabet penghargaan sebagai Pemuda Pelopor Provinsi Jawa Barat hingga tingkat nasional berbekal kreativitasnya.

Akhir Januari lalu ia juga berhasil mengalahkan 1.033 peserta dari 63 negara. Platform ekosistem pertanian pintar Nyayur.id yang ia gagas bersama rekannya, Fajar Budi Laksono asal Salatiga menjadi yang terbaik.

Baginya, ini merupakan kejutan awal tahun yang cukup membanggakan. Kompetisi ini kata Imam, bersifat terbuka dan boleh diikuti oleh siapapun. Asalkan, tidak ada larangan khusus oleh Pemerintah Amerika Serikat. Batasan usia peserta yakni 18 hingga 35 tahun.

Sebelumnya, ketika Radar Bekasi membahas Platform ini, visi Imam membuat Nyayur.id tidak muluk-muluk. Ia ingin ada stabilitas harga bahan pokok, dan penyediaan produk pertanian organik.

Tidak puas disana, hasil pendanaan sebesar 1.000 USD yang ia terima sebagai hadiah, rencananya akan dimanfaatkan untuk kembali mengembangkan teknologi drone pintar untuk pertanian.

”Kami berharap dari dana hibah yang kami terima kali ini bisa kami manfaatkan untuk pengembangan teknologi Smart Drone for Agriculture hingga penyediaan Integrated Urban Farming di Indonesia,” katanya kepada Radar Bekasi, Senin (3/2).

Selain mendapat 1.000 USD, peluang untuk mempresentasikan kepada calon investor guna mendapatkan funding 1.000.0000 USD, baik Nyayur.id maupun smart drone for agriculture semakin terbuka lebar.

”Ini smart drone yang kita kembangkan untuk mengatasi kekeringan air di lahan pertanian. Selain itu fungsi drone ini juga sebagai alat pemadam kebakaran bila terjadi kebakaran di suatu lahan pertanian,” lanjut Imam.

Terobosan dibidang teknologi akan terus dikembangkan oleh pria lulusan Universitas Diponegoro (Undip) ini. (*)

Related Articles

Back to top button