BekasiBerita UtamaCikarang

Bupati Kaji Rencana BBWM Garap Perhotelan

KANTOR BBWM: Ini dia aset Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi yang dijadikan sebagai Kantor PT Bina Bangun Wibawa Mukti (BBWM) di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Rencananya, BBWM akan membangun hotel di lahan tersebut. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja, akan mengkaji rencana PT Bina Bangun Wibawa Mukti (BBWM) untuk melakukan ekspansi ke bisnis perhotelan di Kota Bekasi.

”Kalau BBWM ingin melakukan ekspansi ke bisnis perhotelan, itu perlu kajian. Memang saya sudah dengar adanya rencana BBWM untuk membangun hotel. Namun secara formal, belum disampaikan ke saya,” ujar Eka, Rabu (5/2).

Menurut dia, apabila sebuah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) ingin beralih ke bisni lain, perlu ada kajian untuk menghindari hal-hal yang nanti melanggar peraturan perundang-undangan.

Diakui Eka, jika pendapatan sebuah BUMD berkurang, akan berdampak terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sehingga perlu melakukan inovasi demi menyehatkan kembali perusahaan tersebut.

”Jadi intinya, kami akan lakukan kajian dulu, karena segala sesuatu yang mengarah pada kebijakan, saya perlu ada dasar hukum dan mengacu pada peraturan,” terang Eka.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Aria Nugraha menuturkan, hingga saat ini pihaknya belum mengetahui adanya rencana BBWM untuk mengelola bisnis hotel.

”Hingga saat ini kami belum dapat laporan maupun draf adanya rencanan BBWM untuk menggarap bisnis hotel yang diinisiasi Direksi PT BBWM,” ucap Aria kepada Radar Bekasi.

Lanjut Aria, terkait BUMD itu kewenangan bupati selaku kepala daerah yang juga merupakan owner atau pemilik saham. Oleh karenanya, sebelum hal itu dilakukan, sebaiknya dibahas oleh eksekutif dan selanjutnya disampaikan ke legislatif.

”Kalau kami (legislatif) baru akan membahasnya apabila sudah ada dokumen yang masuk dari eksekutif. Namun saat ini, saya belum bisa bicara banyak selama belum menerima dokumen yang menyangkut rencana BBWM untuk menggarap bisnis perhotelan,” tegas Aria.

Lakukan Ekspansi

Sebelumnya diberitakan, guna menambah pundi-pundi perusahaan, Direksi PT BBWM, akan melakukan ekspansi ke perhotelan dan meminta persetujuan pemegang saham, yakni Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi dan DPRD Kabupaten Bekasi.

Hal ini disampaikan Direktur Utama PT BBWM, Prananto Sukodjatmoko, saat berkunjung ke Kantor Harian Radar Bekasi, dalam rangka menjalin silaturahim di Jalan M. Hasibuan, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Senin (3/2).

”Memang untuk merambah bisnis perhotelan dan kepariwisataan ini sudah kami rencanakan sejak tahun 2018 lalu. Pasalnya, hasil bumi berupa minyak dan gas yang diolah BBWM sebagai bahan baku sudah mulai berkurang,” terang Prananto.

Oleh sebab itu, kata dia, agar bisnis Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemkab Bekasi yang dipimpinnya tetap berjalan dan eksis, pihaknya akan serius menggarap perhotelan.

Sejauh ini, tambah Prananto, pihaknya sudah melakukan uji kelayakan melalui Feasibility Study (FS) terkait pengelolaan hotel. Adapun pembangunan-nya direncanakan di Jalan Ahmad Yani yang saat ini merupakan kantor PT BBWM.

”Memang untuk FS sudah keluar, dan langkah selanjutnya kami akan membangun komunikasi dengan pemegang saham (Pemkab Bekasi, serta meminta persetujuan dari DPRD Kabupaten Bekasi,” terangnya.

Menurut Prananto, peralihan usaha tersebut tidak bertentangan dengan regulasi. Dimana lahirnya PT BBWM berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) nomor 06 tahun 2002 tentang pendiriian PT BBWM yang bergerak dibidang minyak dan gas, tranportasi, energi listrik atau energi, termasuk penyewaan aset tanah milik pemerintah daerah.

”Jadi, tujuan kami bagaimana caranya untuk memanfaatkan aset milik daerah (Pemkab Bekasi) yang dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD), sekaligus meningkatkan nilai ekonomi. Apalagi di Kota Bekas ini, pangsa pasar hotel masih sangat menjanjikan,” ucapnya.

Sementara itu, General Manager Harian Radar Bekasi, Andi Ahmadi menyambut baik niatan dari PT BBWM untuk menggarap bisnis perhotelan di Kota Bekasi.

”Kami sebagai perusahaan yang bergerak di bidang media cetak dan juga memiliki media daring (online), sangat mendukung rencana PT BBWM untuk merambah ke bisnis perhotelan dan siap mensosialisasikan kepada masyarakat,” janji Andi. (and)

Related Articles

Back to top button