Metropolis

Dorong Peningkatan Peran MUI

DILANTIK: Pengurus harian MUI Kota Bekasi ketika dilantik di Aula KH Noer Alie, Islamic Centre, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Rabu (5/2). SURYA BAGUS/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat (Jabar), KH Rahmat Syafii mendorong MUI untuk melakukan pembaharuan dan perbaikan dalam berbagai aspek.

Pembaharuan dan perbaikan sesuai dengan perkembangan zaman dan kearifan lokal di masing-masing wilayah, seperti Kota Bekasi.

Hal itu disampaikan disela pelantikan pengurus MUI Kota Bekasi di Islamic Centre, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Rabu (5/2).

Penyusunan program kerja juga diminta secara realistis, sesuai dengan kemampuan yang dimiliki untuk menyukseskan program kerja yang akan disusun.

”Pesan dalam rapat kerja itu progran-program yang dibikin jangan berdasarkan dengan keinginan, karena keinginan sudah jauh lebih tinggi dari kemampuan, maka harus diukur,” ujarnya.

Disampaikannya, MUI harus menjadi wadah bagi ulama dan cendikiawan dari berbagai macam golongan, sehingga bermanfaat untuk umat dan mendukung pemerintah.

Sementara itu, Ketua MUI Kota Bekasi, KH Miran Syamsuri menyebut MUI harus memberikan peranannya untuk mengawal ibadah umat Islam dan gerakannya ditengah masyarakat.

Ketua MUI 2019-2024 ini mengatakan bahwa MUI bertanggung jawab untuk menjaga ibadah umat Islam yang berada di berbagai penjuru Kota Bekasi.

”Sehingga kita perlu sarana ibadah yang bersih dan suci untuk aktivitas ibadah umat Islam diruang-ruang publik, dimanapun,” katanya.

Total sebanyak lima kali MUI sudah melakukan Pendidikan Kader Ulama (PKU), namun ia menilai belum efektif untuk mencetak ulama baru di Kota Bekasi. Dinilai perlu pembahasan terkait dengan pendirian perguruan tinggi keagamaan berbasis pesantren atau Ma’had Aly di Kota Bekasi.

”Barang kali MUI Kota Bekasi punya Ma’had Aly, maka kita punya tenaga-tenaga ulama yang lebih baik lagi. Tentunya kita MUI baik yang di kota maupun yang di kecamatan bisa membicarakan pada waktu yang lain,” tukasnya.

Beberapa waktu yang lalu, KH Miran Syamsuri menyampaikan bahwa ia bersama dengan Wali Kota Bekasi baru saja meresmikan pembangunan masjid di lingkungan Gelanggang Olahraga (GOR) Kota Bekasi. Masjid ini merupakan wujud keseriusan dalam memfasilitasi umat Islam untuk dapat beribadah di ruang-ruang publik.

Usai prosesi pelantikan pengurus harian dan komisi-komisi MUI Kota Bekasi, dilanjutkan dengan menyelenggarakan rapat kerja MUI Kota Bekasi periode 2019-2024 dipimpin langsung oleh Sekertaris Umum MUI Kota Bekasi, Hasnul Kholid Pasaribu. (sur/pms)

Related Articles

Back to top button