BekasiBerita UtamaMetropolisTransportasi
Trending

Subsidi Trans Patriot Tembus Rp6 Miliar

ILUSTRASI: Penumpang ketika menaiki bus Trans Patriot, transportasi massal yang diluncurkan pemerintah Kota Bekasi. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI –  Sejak resmi mengaspal 2018 lalu, operasional Trans Patriot belum lepas dari ’suntikan’ dana Pemerintah Kota Bekasi. Tahun 2020 ini subsidi untuk operasional sembilan bus mencapai Rp6 miliar.

Direktur Utama Perusahaan Daerah Mitra Patriot (PDMP), Tubagus Hendra Suherman mengatakan, subsidi tersebut diperuntukan bagi operasional sembilan bus Trans Patriot rute Harapan Indah-Terminal Bekasi dan sebaliknya.

Pasalnya rute lainnya seperti Vida Bantargebang-Summarecon dan Wisma Asri-Sumber Artha dikelola pihak ketiga.

Hingga sekarang rute yang mereka kelola disebut mengalami peningkatan penumpang mencapai 30 orang pertrip. Akan tetapi, dengan peningkatan 30 penumpang per trip kata dia bukan berarti subsidi untuk sembilan bus Trans Patriot dari Pemerintah Kota Bekasi disetop.

”Jika susbsidi disetop kita harus mencapai penumpang diatas 90 orang per-trip-nya,” ujarnya ketika ditemui di Kantor PDMP Jalan Veteran, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Kamis (6/2).

Sejauh ini pihaknya masih pesimis penumpang mencapai 90 orang per trip. Ia menyebut, banyaknya saingan angkutan massal dan kondisi jalan padat, membuat warga masih memilih kendaraan pribadi.

”Ya kebanyakan orang menggunakan angkutan online, dan kita hanya menyisir orang yang bekerja di Kota Bekasi saja atau sisa penumpang dari angkutan lain. Sehingga kita masih di subsidi Pemkot hingga sekarang,” ujarnya.

Untuk tahun 2019 sembilan bus Tarans Patriot yang dikelola PDMP mendapat subsidi sebesar Rp5,1 miliar dan terpakai mencapai Rp4 miliar tersisa Rp1 miliar lebih.

”Subsidi tahun 2020 sekarang ini untuk sembilan bus Trans Patriot pengajuannya Rp6 miliar sudah diketuk palu di Paripurna kemarin. Subsidi ini kita gunakan untuk perawatan, beli solar, bensin, maintenance, gaji karyawan dan lainnya. Semua menggunakan dana subsidi itu,” ungkapnya.

Untuk mencapai penumpang 90 orang per trip pihaknya sudah mempromosikan di berbagai media sosial, dan lainnya. Pihaknya menginginkan tidak hanya mendapatkan profit tetapi juga benefit.

Diketahui, Bus Trans Patriot Harapan Indah Terminal Bekasi beroperasi di dua rute yakni rute pertama Terminal Bekasi tujuan Harapan Indah dengan jarak 14,7 kilometer. Rute kedua yakni Harapan Indah tujuan Terminal Bekasi yang berjarak tempuh 9,6 kilometer.

Dari kedua rute tersebut akan berhenti di 21 titik halte. Sebanyak 13 halte akan dilalui bus rute Terminal Bekasi-Harapan Indah. Rute sebaliknya, Harapan Indah-Terminal Bekasi, bus trans patriot hanya berhenti di delapan halte. (pay)

Related Articles

Back to top button