Berita UtamaHukum
Trending

Tiga Kali Tersandung Masalah Narkoba

Artis Rio Reifan Divonis 1,8 Bulan Penjara

SIDANG PUTUSAN: Pesinetron ”Tukang Bubur Naik Haji” Rio Reifan berjalan memasuki ruang sidang saat menjalani sidang putusan di Pengadilan Negeri Bekasi, Senin (10/2). RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pesinetron Rio Reifan kembali harus merasakan dinginnya jeruji besi setelah divonis oleh hakim Pengadilan Negeri (PN) Bekasi 1 tahun 8 bulan penjara, Senin (10/2).

 Majelis hakim mengatakan bahwa Rio secara sah terbukti melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkoba golongan satu bagi diri sendiri.

Rio memasuki ruang sudah sekira pukul 13.30, tidak lama berselang sang istri, Henny Mona juga nampak hadir dalam persidangan siang itu.

Dalam persidangan, majelis hakim berkesimpulan bahwa Rio telah terbukti sah secara hukum melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkoba golongan satu bukan tanaman.

”Menjatuhkan hukuman pidana kepada terdakwa selama satu tahun delapan bulan,” demikian vonis dibacakan oleh ketua majelis, Marper di ruang sidang utama PN Bekasi.

Setelah berdiskusi sejenak dengan kuasa hukumnya, Rio mengatakan kepada ketua majelis pikir-pikir untuk mengajukan banding atau tidak. Ketua majelis memerintahkan Rio untuk tetap menjalani hukuman penjara, dipotong masa penahanan sejak ditangkap pada pertengahan tahun lalu.

Pada persidangan sebelumnya, ia dituntut dengan pasal 114 ayat 1 subsider pasal 112 ayat satu, junto pasal 127 huruf A, junto pasal 132 ayat satu Undang-undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Hasilnya, Rio diputus melanggar pasal 127 ayat satu Undang-undang RI nomor 35 tahun 2009.

Saat ditanya, Rio mengaku jera dengan perbuatannya. Diketahui ia sudah ketiga kalinya terjerat kasus yang sama, yakni pada tahun 2015 lalu, berbuah kurungan selama satu tahun dua bulan. Kemudian tahun 2017, berbuah kurungan selama satu tahun empat bulan. ”Ya jera lah, harus jera lah masa engga,” katanya.

Sementara sang istri usai bertemu dengan Rio di ruang tunggu tahanan menyampaikan bahwa dirinya menerima keputusan terbaik untuk suaminya. Meskipun, keinginan mereka adalah proses rehabilitasi.

Henny mengaku tidak sempat berbicara banyak dengan Rio saat menemuinya di ruang tunggu tahanan. Namun, setelah ini ia akan datang ke lembaga pemasyarakatan (Lapas) untuk berbicara panjang, termasuk kelanjutan hubungan mereka.

”Ya kita inginnya di rehab ya, cuma mungkin ini yang terbaik untuk Rio juga, karena tadi juga Hakim bilang ada efek tidak jera. Kalau saya selalu bilang, kalau kamu begini lagi saya ninggalin kamu, saya sampai detik ini masih berada disini, yaudah biarin aja seperti air mengalir aja, wallahualam aja,” katanya usai persidangan.

Sebelumnya, Rio ditangkap oleh pihak kepolisian pada 13 Agustus 2019 lalu di kawasan Pondokgede, Kota Bekasi. Hasil penggeledahan, polisi mengamankan barang bukti sabu seberat 0,0129 gram. (sur)

Related Articles

Back to top button