BekasiHukum
Trending

TKA Asal China Palsukan Dokumen

PERLU PENGAWASAN K3: Pekerja menyelesaikan pembangunan unit apartemen distrik 1 Meikarta di Desa Cibatu Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi, Senin (10/2).ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Tewasnya Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China, Yuan Haisheng (46) di lantai 11 Proyek Apartemen Meikarta, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi belum lama ini menguak fakta baru. Pekerja kelahiran Hunan, China, 20 September 1974 ini ternyata menggunakan visa kunjungan bukan sebagai pekerja.

Fakta tersebut setelah pihak imigrasi memeriksa dokumen pekerja TKA yang memiliki nomor paspor EG6086278 tersebut. ”Untuk sementara ini dokumen yang kami ketahui visa yang digunakan adalah visa kunjungan. Apabila memang yang bersangkutan sebagai tenaga kerja tentu menyalahi aturan, “kata Kepala Sub Penindakan Imigrasi Kelas II Bekasi, Yogi Aprilia.

Yogi mengaku tidak mengetahui jika Yuan Haisheng selama di Bekasi merupakan karyawan PT Karyatama Makmur Perkasa dan bekerja di proyek Meikarta. ”Apabila yang bersangkutan sebagai pekerja tentu menyalahi aturan, dan hal ini pasti ada tindakan. Namun hal ini masih proses pendalaman,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja, Douglas Siregar mengaku tidak mengetahui secara rinci terkait administrasi TKA asal China tersebut. ”Kalau menurut pendataan TKA yang tewas baru satu tahun di Indonesia. Jadi dari aspek perizinan masih terdata di Kementerian, begitu juga IMTA masih disana,” katanya.

Terpisah, Public Relation Meikarta, Andika mengaku belum mengetahui terkait perizinan serta visa yang digunakan merupakan visa kunjungan. ”Wah informasi dari mana ya, saya belum tahu,” singkatnya.

Sebelumnya Andika menuturkan, pihaknya dari PT. Mahkota Sentosa Utama turut berbelasungkawa atas kejadian yang menimpa partner kontraktor China Con yang telah kehilangan karyawannya Mr. Yuan.

China Con merupakan salah satu perusahaan kontraktor terbesar di China yang memiliki safety track record yang sangat baik. Pihak Meikarta akan terus memantau hasil otopsi dan mendukung penuh pihak kepolisian dalam menindaklanjuti kejadian ini.

”Insiden ini tidak akan merubah komitmen Meikarta atas kelangsungan pembangunan. Kami juga telah menginformasikan kepada partner kontraktor China Con, bahwa kami siap membantu dan mendukung keluarga almarhum karyawan dari China Con,” jelasnya.

Sekadar diketahui, salah seorang warga negara asing asal Cina, Yuan Haisheng, ditemukan tewas di mess proyek Apartemen Meikarta di Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi. Korban ditemukan pada Jumat malam, 7 Februari 2020.

”Karena kecelakaan kerja,” kata Kapolres Metro Bekasi, Komisaris Besar Hendra Gunawan ketika dikonfirmasi Radar Bekasi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, mayat Yuan Haisheng ditemukan di pintu B1 Tower 153 lantai 11 sekitar pukul 19.30 WIB, Jumat.(and)

Related Articles

Back to top button