BekasiMetropolis
Trending

Terminal Tipe A Jatiasih Siap Dibangun

RADARBEKASI.ID, BEKASI –  Pemerintah Kota Bekasi menyerahkan lahan untuk pembangunan terminal type A di Jatiasih kepada Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Lahan yang diserahkan memiliki luas tiga hektar.

Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto mengungkapkan, bahwa lahan ini merupakan merupakan lahan milih pihak swasta yang diserahkan ke Pemkot Bekasi. Kemudian, oleh Pemkot Bekasi kembali diserahkan ke BPTJ.

”Jadi pihak ketiganya sudah setuju menyerahkan kepada pemerintah kota, pemerintah kota ke pemerintah pusat menetapkan itu sebagai lokasi terminal,” katanya, Rabu (12/2).

Dia menjelaskan, di lokasi tersebut tidak hanya akan dibangun terminal. Melainkan, juga akan dibangun hotel, mal dan diintegrasikan dengan akses perumahan yang ada di Kota Bekasi.

Studi Kelaikan (Feasibility study) pembangunan terminal, kata Tri, telah rampung. Selanjutnya menunggu Detail Engineering Design (DED) dan berkas Kerja sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) guna menawarkan kepada pihak ketiga.

Anggaran yang dibutuhkan untuk membangun terminal tipe A ini Rp500 miliar. Diperkirakan, jika semua proses selesai dengan cepat maka tahun 2021 mendatang sudah bisa memulai pembangunan.

Terpisah, Kabid Sarana dan Prasarana pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi, Johan Budi Gunawan menjelaskan detail lokasi terminal. Menurutnya, terminal ini nantinya akan diapit Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) Selatan yang masih dalam proses mebangunan.

Pembangunan tidak menggunakan uang negara atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melainkan dengan sistem kerja sama pihak ketiga.

”Yang pasti karena ini bukan terminal seperti terminal hus yang lainnya ya, ini seperti bandara, jadi akan ada fasilitas utama, ada fasilitas penunjang. Nah akan ditingkatkan gitu loh. Jadi nggak sembarangan orang masuk, ada pemisahan, faktornya banyak, seperti bandara, nggak semua orang bisa masuk, kemudian kebersihan ditingkatkan, kemudian kenyamanan, ruang tunggu,” jelas Johan.

Diketahui, kegiatan pembangunan terminal tipe A di kawasan Jatiasih ini menjadi salah satu usulan kegiatan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ) awal Februari lalu. (sur)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close