Cikarang

Dukung Pelebaran Exit Tol Cibitung

KELUAR TOL: Sejumlah kendaraan melintas di exit tol Cibitung, Kabupaten Bekasi, yang rencananya akan diperlebar guna mengurangi kemacetan lalu lintas. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi akan meminta bantuan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) untuk memperlebar ruas jalan disetiap gerbang exit tol yang ada di Kabupaten Bekasi.

Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi tingginya volume kendaraan di exit tol yang berdampak pada kemacetan di wilayah Kabupaten Bekasi.

”Kami sudah bersurat kepada Kemen PUPR untuk membantu Pemkab Bekasi dalam mengatasi masalah kemacetan di exit tol Cibitung. Sebab, peruntukan tol yang merupakan Program Strategis Nasional (PSN) itu nantinya akan banyak dilalui kendaraan besar,” tutur Kepala Bina Program Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Agus Budiono.

Ia menerangkan, untuk exit tol sepanjang 34 kilometer ini, ada di Sriamur, Kecamatan Tambun Utara. ”Tol dari arah Cilincing-Cibitung, Cimanggis-Cibitung, semuanya akan terintegritas ke tol Jakarta-Cikampek, yang saat ini masih dalam pembangunan,” ujar Agus.

Pihaknya meyakini, adanya peleberan ruas jalan exit tol tersebut, dapat mengurangi kemacetan lalu-lintas di Kabupaten Bekasi. Lanjut Agus, wilayah Sriamur suduah ditinjau dan proses pembangunan akan dilakukan PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways.

”Pemkab Bekasi sudah melakukan rencana pembangunan serta pembebasan lahan di exit tol Cibitung untuk mengantisipasi kemacetan arus lalu-lintas,” terang Agus.

Sedangkan untuk arah Cimanggis-Cibitung, lanjut Agus, pintu gerbang exit tol Cibitung akan keluar di Desa Telajung, Cikarang Barat. Dimana untuk wilayah tersebut sudah dilakukan rekayasa lalu lintas.

Sementara itu, Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja menjelaskan, tol Cibitung-Cilincing dan Cibitung-Cimanggis merupakan PSN. Sehingga pemerintah daerah juga punya tanggung jawab untuk mendukung PSN tersebut.

”Saya belum lama ini sudah pernah melihat pembangunan tol yang tidak lama lagi akan dapat digunakan. Kami sudah rencanakan pembebasan lahan serta pembangunan jalan untuk menghindari kemacetan ketika volume kendaraan dari exit tol Cibitung meningkat,” beber Eka.

Dia meyakini, adanya pembangunan tol tersebut dapat meningkatkan perokonomian masyarakat di Kabupaten Bekasi. (and)

Close