BekasiMetropolis
Trending

Usulkan Pengadaan CCTV Sekolah

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Maraknya kasus pencurian di lingkungan Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kota Bekasi, mendapat perhatian sejumlah pihak.

Pengawasan ekstra dinilai perlu dilakukan. Usul pengawasan melibatkan guru, penambahan personil keamanan hingga pemasangan CCTV dilontarkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Inayatullah dan direspon Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto.

Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto menyebut penggunaan CCTV dinilai lebih efektif untuk memperketat pengamanan di sekolah. Selain tidak memerlukan sumber daya manusia (SDM) lebih banyak. Kamera pengawas bisa dipantau secara daring dari jarak jauh, dan pengawasan bisa dilakukan selama 24 jam.

”Saya kira lebih efisien dengan menggunakan CCTV yang bisa di kendalikan dari rumah,” katanya ketika dijumpai beberapa waktu lalu.

Piket guru pada malam hari atau satpam di lingkungan sekolah diakui merupakan salah satu solusi. Namun, akan diusahakan solusi yang jauh lebih efisien dan efektif dalam sisi keamanan sekolah.

Dalam waktu dekat ini, Pemerintah Kota Bekasi akan segera mencarikan solusi dasar hukum untuk pengadaan CCTV menggunakan dana yang sudah dialokasikan pada tahun 2020 ini.

”Ya itu kan pengadaan dana yang sudah ada, tinggal nanti tentukan dengan Perwal, nanti apakah dana bos ditambahkan untuk itu,” lanjut Tri.

Sebelumnya, Kepala Sekolah SDN Bintarajaya 07, Triyono mengakui bahwa disekolahnya belum ada CCTV, sehingga untuk mengetahui pergerakan pencuri yang menjarah sekolahnya pada Kamis dini hari pekan lalu dengan mendatangkan anjing pelacak dari kepolisian.

”Jadi memang dianggaran RKAS kita yang terbaru di tahun 2020 ini memang ada penganggaran untuk CCTV. Tapi karena keterbatasan sekolah, kami hanya menganggarkan empat titik,” katanya.

Diketahui dalam waktu berdekatan, pencurian barang elektronik di SD Negeri terjadi. Pencurian pertama di SDN Bintarajaya 07 terjadi pada Kamis dini hari, di SDN Teluk Pucung 01 terjadi pada Jumat dini hari, terkahir di SDN Kayuringinjaya 3 pada Minggu dini hari. (sur)

Tags
Close