Berita UtamaCikarang
Trending

Pemkab Bekasi Terus Kembangkan Inovasi Baru

TANDA TANGAN: Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Uju, saat menandatangani dokumen komitmen pelaksanaan rencana inovasi daerah di Ruang Rapat Bupati Bekasi, Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, belum lama ini. DOK.HUMAS/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) melakukan penandatanganan komitmen pelaksanaan rencana inovasi daerah (tahapan delivery laboratorium inovasi Kabupaten Bekasi).

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka kegiatan laboratorium inovasi, yang bekerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia, guna menerapkan program reformasi birokrasi, khususnya dalam penyelenggaran tata kelola pemerintahan yang baik.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Uju menyampaikan, dari laporan yang diterima oleh Balitbangda Kabupaten Bekasi, sampai saat ini sudah ada 113 rencana inovasi baru dari 55 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Bekasi.

”Hal ini sangat positif, karena 85% OPD sudah merespon positif untuk meningkatkan daya saing melalui inovasi daerah. Saya harap, 15% sisanya dari OPD yang belum sama sekali berkontribusi, agar tahun depan sudah bisa menyiapkan dan mengajukan berbagai inovasi daerah,” imbuh Uju.

Lanjutnya, penanda tanganan komitmen para kepala OPD untuk melakukan inovasi, rangkaian tahapan laboratorium inovasi yang terdiri dari lima D, yaitu, drum up, diagnose, design, delivery dan display.

Dan sekarang sudah memasuki tahapan ke empat, yakni (delivery) dimana tahapan ini mempunyai tujuan melaksanakan komitmen bersama para perangkat daerah guna menjalankan ide-ide dan inovasi yang telah dirancang pada tahap sebelum-nya.

”Saran saya, tahun depan dan seterusnya, inovasi-inovasi yang telah dirancang oleh OPD itu benar-benar dilaksanakan, supaya bisa dirasakan manfaat-nya oleh masyarakat. Dengan berinovasi, tentu dapat meningkatkan daya saing daerah Kabupaten Bekasi,” terang Uju.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada LAN, yang telah bersedia memberi kesempatan kepada Pemkab Bekasi, untuk dijadikan salah satu daerah yang mendapatkan pendampingan, bimbingan, dan arahan dalam hal pengembangan inovasi melalui laboratorium inovasi di Kabupaten Bekasi.

”Kepada perangkat daerah, agar dapat melaksanakan apa yang sudah menjadi komitmen dalam hal inovasi di tahun mendatang untuk direalisasikan, sehingga bisa memberikan manfaat yang maksimal bagi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bekasi, melalui peningkatan daya saing daerah,” imbuh Uju.

Sementara itu, Kepala Pusat Inovasi LAN RI, Isti Heriani, memberikan apresiasi kepada Pemkab Bekasi yang telah berhasil melahirkan berbagai inovasi, serta bekerja keras dalam menyelenggarakan dan mengikuti rangkaian kegiatan laboratorium inovasi.

”Harapan saya, bapak bupati dapat terus memberikan dukungan dan memantau penerapan inovasi di Kabupaten Bekasi. Dan sebagai bentuk dukungan, LAN juga akan turut serta dalam memonitor penerapan inovasi-inovasi yang sudah dimunculkan,” janji Isti

Bahkan, Isti juga berharap kepada para OPD Kabupaten Bekasi agar selalu mengoptimalkan potensi pemikiran yang baik, guna menghasilkan gagasan inovasi yang terbaik demi kemajuan Kabupaten Bekasi. (and/adv)

 

Close