Metropolis

Pemkot Putus Kerja Sama PT NWA

PUTUS KONTRAK: Petugas mengecek mesin pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa) milik PT NWA di TPA Sumur Batu, Kota Bekasi. Pemkot Bekasi memutus kerjasama PT NWA karena tidak adanya progres program PLTSa.RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pengembang teknologi pengelolaan sampah menjadi energi listrik PT Nusa Wijaya Abadi (NWA) resmi diputus kerja sama oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi. Pemutusan kerja sama ini dilakukan lantaran tidak ada perkembangan signifikan terhadap teknologi yang telah dikembangkan, bahkan pada 27 November tahun lalu dinilai wanprestasi.

Surat teguran telah diberikan oleh pemerintah Kota Bekasi kepada PT NWA. Hasil evaluasi setelah rekomendasi tim Kemenko Kemaritiman dinilai tidak ada perubahan terhadap teknologi yang dikembangkan di area TPA Sumur Batu tersebut.

”Sudah, NWA sudah diputus. Karena kan sudah teguran satu, dua, tiga, teguran terakhir sudah kan tentunya pemutusan kerja sama,” terang Staff Ahli Wali Kota bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan, Sudarsono, Jumat (21/2).

Sebelumnya, teknologi yang dikembangkan oleh PT NWA diharapkan dapat memusnahkan sampah menjadi energi listrik. Kota Bekasi, dalam Perpres nomor 35 tahun 2018 masuk dalam salah satu projek PLTSa dengan skala besar, 19 sampai 20 MW.

Hasil commissioning test pertengahan tahun lalu, PT NWA hanya menghasilkan 1,5 MW. Pemerintah Kota Bekasi dinilai sudah memberikan toleransi waktu yang cukup untuk memberi kesempatan kepada PT NWA merubah kapasitas teknologi.

”Tentunya kan harapannya bahwa energinya provert, bisa mengolah RDF, yang tentunya pada akhirnya menghasilkan listrik, tapi kalau terus tidak ada perubahan tentunya pemerintah kota juga kan dalam sisi waktu ya dirugikan,” ungkapnya.

Pemerintah Kota Bekasi bertekad untuk melanjutkan amanah Perpres nomor 35 tahun 2018. Langkah selanjutkan akan dilakukan lelang setelah dokumen feasibility study (FS) matang, dan melalui koordinasi dengan tenaga ahli kemenko Kemaritiman.

Pihaknya juga memberikan waktu satu bulan untuk PT NWA memindahkan peralatan dan mesinnya di area lahan PLTSa, di TPA Sumur Batu, Bantargebang. (sur)

Related Articles

Back to top button