BekasiBerita Utama
Trending

Warga Telukpucung Gembira Terima Sertifikat

PTSL Bantu Masyarakat

TUNJUKAN SERTIFIKAT: sejumlah warga Kelurahan Telukpucung menunjukan sertifikat yang diperoleh dari Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). AHMMAD PAIRUDZ/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang diluncurkan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agraria & Tata Ruang (ATR) dianggap sangat membantu masyarakat kalangan bawah yang ingin mendaftarkan tanahnya dalam bentuk sertifikat.

Diketahui pada 2019, Kelurahan Telukpucung mendapatkan bantuan pembuatan sertifikat melalui PTSL untuk 1000 bidang tanah.

Alhamdulillah bang, kami sangat terbantu dengan program pemerintah pusat, dan untuk pengurusan surat-menyuratnya kami juga dibantu sepenuhnya oleh ketua Pokmas serta jajaranya RT/RW dan lurah kami,” kata warga RT 02 RW 03 Kelurahan Telukpucung, Yeyet (43) saat menerima sertifikat di Aula Kelurahan Telukpucung, Sabtu (22/2).

Dia juga sangat senang karena ukuran tanah, data nama dan peta gambar sesuai dengan yang diharapkan.

”Kami berterima kasih pada pemerintah pusat yaitu Presiden Jokowi karena program beliau lah sertifikat tanah kami bisa ada,” tuturnya.

”Saya ucapkan terima kasih dengan program ini saya bisa memiliki sertifikat, karena sejak kami membeli tanah ini baru tahun ini bisa memiliki serifikat berkat program PTSL,” ucapnya

Dirinya juga berterima kasih dengan BPN Kota Bekasi, lurah Telukpucung, ketua Pokmas, RT-RW dan pengurus pokmas yang telah mengurus sertifikat. ”Dikala saya membutuhkan modal usaha, maka sertifikat ini dapat membantu dengan mengagunkannya ke bank untuk modal usaha,” ungkapnya.

Terpisah, Lurah Telukpucung Muhamad AR menyampaikan, pihaknya berharap masyarakat dapat terus aktif dan saling membantu program-program pemerintah yang dijalankan melalui kelurahan. ”Alhamdulillah bang, saya berterima kasih sekali dengan program dari Pemerintah, Khususnya BPN dalam hal ini, saya selalu berjuang dan berusaha untuk warga saya, dan semuanya terbantu,” terangnya.

Dengan memiliki sertifikat tanah, menurut dia, persoalan agraria dan sengketa lahan di seluruh Indonesia khususnya di Kota Bekasi dapat diminimalisir.

”Sekarang dengan adanya program PTSL masyarakat bisa mendapatkan sertifikat tanpa harus menunggu waktu yang lama,” ujar

Sebab, Program PTSL menjadi salah satu inovasi pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat yakni sandang, pangan, dan papan. Selain dengan menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat.

”Nantinya masyarakat yang telah mendapatkan sertifikat tanah akan mudah untuk memperoleh akses modal pendampingan usaha yang berdaya dan berhasil guna bagi peningkatan kesejahteraan hidupnya. Dan sementara ini baru puluhan warga yang mendapat sertifikat dan kedepan warga yang belum akan mendapat juga sertifikat,” tutupnya. (pay/pms)

Related Articles

Back to top button