BekasiMetropolis

Swadaya, Pasang Kamera Pengintai di Titik Rawan

PERLIHATKAN CCTV: Ketua RT 05 RW 01 Kelurahan Harapan Jaya, Muji Rianto menunjukan salah satu CCTV di lingkungannya sebagai pencegahan kejahatan Dini. AHMAD PAIRUDZ/RADAR BEKAS

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sebanyak empat kamera Close Circuit Television (CCTV) dipasang di titik rawan tindak kejahatan RT 05 RW 01 Kampung Sawah PLN, Kelurahan Harapanjaya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi.

Pemasangan tersebut merupakan swadaya warga guna meningkatkan keamanan di wilayah, sehingga kondisi lingkungan bisa terus terpantau.

Ketua RT 05 RW 01 Kelurahan Harapanjaya, Muji Rianto mengaku, pemasangan kamera CCTV ini bertujuan untuk mendeteksi dini adanya tindak kejahatan dilingkungan.

”Pemasangan empat CCTV kita tempatkan di titik rawan dan yang sulit diketahui, namun, akses kamera tersebut memantau keseluruh lingkungan dan langsung terhubung dengan warga,” katanya kepada Radar Bekasi, Senin (24/2).

Selain itu, Muji mengaku, pemasangan ini dilakukan sebagai inovasi warga dalam meningkatkan keamananan di wilayahnya.

”Nantinya, CCTV mampu memberikan informasi dan visualisasi terkait kondisi di sekitar masyarakat. Sehingga memberikan jaminan kenyamanan kepada warga,” ucapnya.

Menurutnya, bersama warga segera menindaklanjuti apabila ada kejadian yang terpantau di kamera. Kamera pengintai ini juga membantu pelaku usaha di lingkungan sekitar.

”CCTV ini langsung termonitor oleh Polsek Sekupang dan juga terkoneksi di mobil patroli Polsek Sekupang dan mobile handphone tim opsnal,” imbuhnya.

Terpisah, Camat Bekasi Utara, Lukmanul Hakim mengapresiasi atas inovasi warga Kampung Sawah PLN yang memasang CCTV di sekitar lingkungan mereka untuk mengantisipasi tindak kejahatan dan pemantauan lingkungan.

”Dengan adanya CCTV itu, pemerintah untuk warga Kampung Sawah PLN sudah ikut menjaga kondusivitas keamanan lingkungan. Saya ucapkan terima kasih telah membantu menjaga keamanan lingkungan,” katanya, usai melakukan sertijab di Aula Kecamatan.

Hal senada juga disampaikan HRD PT Bridgestone Tire Indonesia M Purwono selaku HR dan GA Manajer menyambut baik pemasangan CCTV oleh warga kampung Sawah PLN Kelurahan Harapanjaya.

Karena dengan adanya CCTV dilingkungan sekitar yang dekat dengan perusahaannya bisa membantu meminimalisir tindak kejahatan. Serta dapat mencegah terjadinya tindakan kejahatan di lingkungan.

”Semoga dengan dipasangnya CCTV, keamanan di lingkungan RT 05 semakin terjaga, yang tentu akan berdampak terhadap keamanan di PT BSIN yang berdampingan langsung dengan lingkungan RT 05,” ungkapnya. (pay/pms)

Related Articles

Back to top button