Berita UtamaCikarang
Trending

Bupati Bekasi Imbau Seluruh OPD Perbaiki Sakip

ASIK BERBINCANG: Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja (dua dari kanan), didampingi Sekda Kabupaten Bekasi, Uju dan sejumlah pemangku jabatan di lingkungan Pemkab Bekasi, asik berbincang disela pelatihan Sakip. DOK.HUMAS/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja, meminta agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi untuk memperbaiki Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip).

Hal ini disampaikan Eka saat menghadiri pelatihan peningkatan Sakip dan Cascading kinerja Pemerintah Daerah, yang berlangsung di salah satu hotel di Cikarang Utara, belum lama ini.

Eka menjelaskan, untuk memperbaiki penilaian Sakip 2020, perlu ada perbaikan dalam tata kelola pemerintahan, serta adanya pembagian peranan yang jelas antardinas yang ada di Pemkab Bekasi.

”Saya minta, seluruh perangkat daerah untuk serius memperbaiki penilaian Sakip, dan perlu adanya perbaikan dalam tata kelola pemerintahan,” ujarnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Bekasi ini menegaskan, seluruh OPD di Pemkab Bekasi, harus memiliki semangat baru dan tindakan nyata, agar target yang diharapkan dapat tercapai.

”Saya tegaskan, harus ada semangat baru dan komitmen agar target penilaian Sakip mendatang bisa terwujud,” beber Eka.

Ia berharap, dengan adanya perbaikan sistem akuntabilitas kinerja, maka hasil evaluasi Sakip Pemkab Bekasi di tahun mendatang dapat meningkat.

Diketahui, Sakip merupakan integrasi dari sistem perencanaan, penganggaran dan pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan akuntabilitas keuangan.

Dalam hal ini, setiap OPD diwajibkan mencatat dan melaporkan setiap penggunaan keuangan negara, termasuk kesesuaian-nya dengan ketentuan yang berlaku.

Bahkan Pemkab Bekasi telah berhasil mempertahankan predikat B pada hasil penilaian evaluasi Sakip tahun 2018 dan mendapat ”Sakip Awards” yang berlangsung di Batam dan diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo kepada Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja. (and/adv)

 

Tags
Close