Metropolis
Trending

KPKNL belum Terima Permohonan Lelang

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bekasi, Hamim Mustofa mengatakan, Pemerintah Kota Bekasi melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) hingga kini belum mengajukan permohonan lelang 56 kendaraan operasional kepada KPKNL Bekasi.

”Ya saat ini kami menunggu permohonan lelang kendaraan tersebut dari Pemkot Bekasi karena belum ada permohonannya,” katanya, Selasa (25/2).

Hamim menjelaskan, syarat pengajuan lelang sebagaimana diatur dalam ketentuan, Pemerintah Kota Bekasi diminta menyampaikan nilai limit serta keterangan teknis barang yang dilelangkan. Dan bagi masyarakat yang ingin mengikuti lelang, dianjurkan mendaftarkan diri melalui website resmi yang disediakan pihaknya.

”Syaratnya karena ini aset Pemda, minimal ada nilai limitnya, keterangan teknis barangnya serta foto. Untuk masyarakat, mereka bisa ikut lelang dengan ikut daftar di website www.lelang.go.id dan melihat barang yang dilelang,” terangnya.

Dia menerangkan, lelang merupakan cara penjualan yang kredible karena dilakukan oleh pemerintah. Masyarakat diharapkan dapat menggunakan website resmi sebagai sarana pembelian kebutuhan barang-barang seperti properti dan kendaraan.

”Tapi masyarakat juga harus hati-hati karena banyak penipuan lelang oleh pihak tertentu, semua lelang hanya ada dan melalui www.lelang.go.id, tidak ada yang lain,” ungkapnya.

Sementara, Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Bekasi, Teguh Kuncoro mengakui pihaknya telah melakukan appraisal atau penilaian 56 kendaraan operasional milik Pemerintah Kota Bekasi.

Tahun lalu pihaknya sudah menyampaikan hasil penilaian. Namun untuk lelang, Pemerintah Kota Bekasi belum mengajukan kembali permohonannya ke KPKNL.

”Pada intinya KPKNL telah melaksanakan penilaian pada objek dimaksud, dan hasil penilaiannya telah disampaikan kepada pemohon penilaian. Nah sekarang bolanya kembali ke Pemda selaku pemilik objek, untuk segera mengajukan kembali permohonan lelang ke KPKNL, untuk segera di eksekusi,” ucapnya.

Menurutnya, KPKNL memiliki batas ketentuan penilaian harga setelah tanggal terakhir dilakukannya appraisal. Karena itu, sebelum habis masanya, dirinya menyarankan Pemerintah Kota Bekasi segera mengajukan permohonan lelang.

”Prinsipnya KPKNL siap untuk melaksanakan lelang. Hanya saja sampai dengan hari ini belum ada permohonan lelang dari pemda dimaksud dan laporan penilaian masa berlakunya enam bulan. Pokoknya sebelum habis masa berlakunya nilai dari laporan penilaian dimaksud, permohonan lelang dapat dilaksanakan,” tukasnya.

Terpisah, Kasubid Pengamanan Penghapusan Aset pada BPKAD Kota Bekasi, Miniwati menyampaikan, pihak nya akan membuat surat keputusan ke KPKNL terkait proses lelang.

”Ya kita belum menyerahkan surat permohonan lelang ke KPKNL karena surat keputusan dari Wali Kota belum ada. Kita akan lakukan permohonan lelang secepatnya,” tukasnya. (pay)

Close