Cikarang
Trending

Polisi Bakal Uji Coba Tilang Elektronik

ZEBRA CROSS: Sejumlah pengendara bermotor melewati garis penyeberangan jalan (zebra cross) di simpang Sentra Grosir Cikarang (SGC), yang akan dipasangi kamera CCTV untuk penerapan uji coba tilang elektronik di Kabupaten Bekasi. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Satuan lalulintas (Satlantas) Polres Metro Bekasi berencana melakukan uji coba sekaligus me-launching sistem tilang elektronik pada tanggal 10 Maret 2020 di persimpangan Sentral Grosir Cikarang (SGC).

Kasatlantas Polres Metro Bekasi, AKBP Rachmat Sumekar mengatakan, sejauh ini kamera CCTV untuk tilang elektronik sudah dipasang di lampu pengatur lalu lintas yang berada di persimpangan SGC. Namun untuk aplikasinya masih dalam proses, baru 95 persen.

”Aplikasinya masih dalam proses, dan sudah 95 persen. Pada Rabu (5/3) kami akan setting dulu, dan pada tanggal 10 Maret 2020 sudah resmi dilakukan uji coba sekaligus di-launching oleh Kapolda Metro Jaya di Polres Metro Bekasi,” ujar Rachmat saat dihubungi Radar Bekasi, Senin (2/3).

Ia menjelaskan, uji coba tilang eletronik ini hanya dilakukan di lampu pengatur lalu lintas SGC. Akan tetapi, untuk penerapan tilang elektronik nantinya berlaku di tiga titik, Lemah Abang, Lippo, dan SGC.

Lanjut Rachmat, tilang elektronik ini pertama kali diterapkan oleh Polda Metro Jaya, kemudian diikuti Polres Metro Bekasi.

”Yang pertama kali menginisiasi dan menerapkan tilang elektronik ini dari Polda Metro Jaya. Setelah itu, kami mengaplikasikannya juga untuk dipasang di Kabupaten Bekasi. Dan nanti ada tiga titik yang rencananya akan dipasang kamera CCTV tilang elektronik ini,” beber Rachmat.

Diakui Rachmat, untuk penerapan tilang elektronik ini di Kabupaten Bekasi ini, pihaknya (Polres Metro Bekasi) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi. Dimana Pemkab memberikan hibah (bantuan) kameran CCTV, komputer, dan beberapa alat pendukung lainnya.

Saat ditanya berapa anggaran yang dikeluarkan untuk penerapan tilang elektronik tersebut, Rachmat tidak mengetahui secara pasti nominalnya.

”Kalau mengenai anggaran-nya, saya tidak tahu, karena pengadaannya dari Pemkab Bekasi. Kami hanya menerima barang jadi. Memang untuk persiapannya, Polres bekerja sama dengan Pemkab Bekasi,” terang Rachmat.(pra)

 

Related Articles

Back to top button