Metropolis
Trending

Awasi Praktik Penimbunan Masker

ILUSTRASI: Sejumlah warga mulai mengenakan masker di sarana publik, guna menghindari penyebaran virus menyusul ramaianya pemberitaan kasus virus corona. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kepolisian Resort Metro Bekasi Kota membidik penimbun masker atau tindakan pemalsuan masker menyusul melonjaknya kebutuhan masker ditengah masyarakat.

Diketahui, pada hari Rabu (2/3) lalu, toko obat di kawasan Jalan Mayor Oking, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur diserbu pembeli.

Harga yang ditawarkan kepada pembeli melonjak drastis dari harga biasanya. Pihak kepolisian mengaku belum menemukan kasus penimbunan atau pemalsuan masker di wilayah hukum Polres Metro Bekasi Kota. Namun, polisi akan membidik siapapun yang kedapatan melakukan hal tersebut.

”Sementara belum (temuan penimbunan dan pemalsuan masker), tapi tetap kita bidik untuk antisipasi hal tersebut,” terang Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Wijonarko, Selasa (3/3).

Pihaknya meminta masyarakat untuk tenang, pantauan petugas di sejumlah titik keramaian disampaikan tidak menunjukkan aktivitas kepanikan dari masyarakat Kota Bekasi.

Dirinya bersama seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya telah melakukan koordinasi guna melakukan langkah-langkah antisipasi. Kepolisian juga telah melakukan sosialisasi sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang bisa dilakukan ditengah masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Bekasi, Tanti Rohilawati juga meminta masyarakat untuk tidak berlebihan merespon isu ini. Terutama terkait dengan masker, masyarakat diminta untuk memenuhi kebutuhan secukupnya untuk melindungi diri.

”Dan masalah masker, tolong jangan berlebihan juga, dan kita tetap mengantisipasi diri kita,” singkatnya.

Selama musim hujan, diakui virus akan lebih kuat, sementara pada musim panas daya tahan virus akan melemah. Sejumlah Rumah Sakit (RS) dan Puskesmas diminta untuk proaktif dalam memberikan pelayanan mensosialisasikan perilaku hidup sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terjangkit virus. (sur)

Related Articles

Back to top button