Metropolis
Trending

Membumikan Pancasila di Kota Patriot

KIBARKAN BENDERA: Sejumlah pelajar membentangkan bendera pada acara Deklarasi Membumikan Pancasila di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Selasa (3/3). RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Deklarasi membumikan Pancasila di Kota Bekasi dihelat dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bekasi ke-23 di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi, Selasa (3/3).

Kegiatan yang melibatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) bertujuan untuk membumikan Pancasila sebagai ideologi negara dan memperkuat nilai kebangsaan masyarakat Kota Bekasi.

Selain ASN terlihat hadir kalangan pelajar dan organisasi masyarakat (Ormas) di lingkungan Kota Bekasi.

Dalam kegiatan tersebut, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi menyampaikan kepada seluruh masyarakat dan ASN yang hadir untuk menancapkan setiap nilai yang ada pada ideologi negara.

Terlebih, di Kota Bekasi yang heterogen ini, pemerintah wajib untuk menjaga ketertiban, keamanan, dan harmonisasi kehidupan di tengah masyarakat. Ia juga mengingatkan untuk seluruh warga Kota Bekasi dapat hidup saling berdampingan, toleran, memberikan kesempatan yang sama untuk beribadah kepada setiap pemeluk agama tanpa mempertentangkan suku dan agama.

”Itu kan kewajiban kita sebagai seorang pemimpin apalagi dalam sebuah negara kesatuan, ideologi itu harus dibumikan, ideologi itu harus dilaksanakan, ideologi itu harus diaplikasikan,” paparnya saat ditemui usai kegiatan berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga.

Selain pemimpin, masyarakat juga harus ikut memegang erat dan mengamalkan ideologi Pancasila ini. Sebagai landasan hukum dan landasan idiil, Pancasila diimplementasikan dalam gagasan visi Kota Bekasi yang cerdas, kreatif, maju, sejahtera, dan ihsan.

Selanjutnya, pemerintah bersama dengan seluruh elemen masyarakat setelah kegiatan ini bertekat mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

”Langkah selanjutnya kita laksanakan dalam kehidupan sehari-hari, aman, masyarakatnya sehat, pendidikannya bagus, masyarakatnya tidak mempersoalkan keyakinan orang lain, orang beribadah aman. Tidak ada lagi oh ini jangan, ini jangan, semua dapat kedudukan dan hak yang sama, tapi adilnya secara proporsional,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi dalam sambutannya menyampaikan, di semua kepemimpinan, baik kementerian hingga negara sekalipun, ideologi negara harus dipegang erat.

Pancasila telah terbukti dapat mempersatukan ribuan pulau, ratusan bahasa, dan keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia menjadi satu. Maka, ia menilai jika Pancasila tidak dimengerti oleh pemimpin dan masyarakatnya, maka akan berbahaya negara ini, terutama pada aspek persatuan.

”Semoga dengan diselenggarakannya deklarasi membumikan Pancasila di Kota Bekasi dapat menjadi contoh bagi daerah lainnya untuk terus menjaga keutuhan NKRI serta Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia,” tegasnya.

Melalui kegiatan semacam ini, BPIP berharap Pancasila dapat menyatukan aneka ragam etnis dan budaya, bukan hanya di Kota Bekasi, melainkan di seluruh Indonesia.

Kedua, ia berharap Pancasila mampu merajut kebersamaan dan persaudaraan sejati. Ketiga, mampu menjaga persatuan ribuan pulau, ratusan bahasa, dan aneka ragam budaya. Keempat, menjadi sumber hukum dan kebijakan nasional dalam mewujudkan keadilan sosial.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bekasi bersyukur kegiatan yang turut mengundang 40 ribu orang dari berbagai lapisan masyarakat tersebut berjalan dengan lancar dan penuh antusias. Dia berharap hal itu bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Tujuannya untuk sama-sama kita kembangkan nilai-nilai Pancasila untuk kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap kepala badan Kesbangpol Kota Bekasi, Cecep Suherlan.

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), H Sukur Nababan, Ketua Tim Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Kota Bekasi, Abdul Manan, dan seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Aksi tari dari unsur pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) menyemarakkan acara. Seluruh ASN yang hadir nampak mengenakan pakaian adat yang telah ditentukan. (sur)

DEKLARASI

1 Kami Patriot Pancasila Kota Bekasi berikrar mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila melalui kegiatan nyata untuk menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai negara kesatuan republik indonesia

2 Kami Patriot Pancasila Kota Bekasi berikrar mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila melalui keteladanan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

3 Kami Patriot Pancasila Kota Bekasi berikrar mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila melalui proses pembelajaran kepada masyarakat untuk memahami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila

Related Articles

Back to top button