Metropolis
Trending

Kejari Siapkan Aplikasi Tilang

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kejaksaan negeri (Kejari) Kota Bekasi menyiapkan aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk pelayanan pengambilan barang bukti pelanggaran lalu lintas. Aplikasi ini sementara disebut E-Datil.

Rencananya, pengoperasian aplikasi tersebut ditarget mulai dilaksanakan pada akhir Maret mendatang.

Melalui aplikasi berbasis Android ini, pelanggar aturan lalu lintas bisa melihat besaran biaya tilang yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan kembali dokumen yang disita lantaran melanggar aturan lalu lintas. Aplikasi ini ditujukan untuk mempermudah masyarakat Kota Bekasi dalam mengurus tilang.

”Kepala Kejaksaan melalui Kasi Pidum saat ini tengah membuat aplikasi tilang, agar memudahkan pelanggar tilang sehingga tidak menimbulkan penumpukan antrean. Kalau banyak pekerjaan dan tidak mau repot bisa melalui aplikasi ini nantinya,” terang Kepala Seksi Tindak Pidana Umum (Pidum) Kejari Kota Bekasi, Hapit Suhandi ketika dijumpai, Rabu (4/3).

Pelanggar tidak perlu lagi datang ke kantor Kejaksaan Negeri untuk mengurus berkas tilang, cukup melalui telepon genggam. Pengiriman berkas rencananya dilakukan via pos atau jasa pengiriman lainnya, akan dipertimbangkan lebih matang.

Dalam satu bulan, sekiranya 2.000 berkas pelanggar diterima oleh Kejari Kota Bekasi. Tidak jarang juga, berkas pelanggar tidak langsung diurus oleh pemiliknya. Bahkan ada yang ditunda beberapa waktu.

”Banyak, kita nggak tau kenapa mereka itu. Tilang dalam satu bulan itu kurang lebih 2.000 pelanggar,” ungkapnya.

Untuk mempermudah sosialisasi kepada masyarakat, baik jenis aplikasi maupun cara operasional aplikasi yang sedang dirancang ini, Kejari Kota Bekasi akan berkoordinasi dengan setiap kecamatan di Kota Bekasi. Ini ditujukan untuk langsung menyasar masyarakat di setiap wilayah di Kota Bekasi. (sur)

 

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button