Cikarang
Trending

Tiga Jabatan Eselon II Dibiarkan Kosong


Caption F-Insert: Asda I Setda Pemkab Bekasi, Edi Rochyadi

RADARBEKASI.ID, BEKASI –Pejabat pimpinan tinggi pratama (eselon II) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi hingga kini dibiarkan kosong atau dijabat oleh Pelaksana tugas (Plt).

Ketiga jabatan penting di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang seharusnya diisi eselon II itu, yakni Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, dan Staf Ahli Bupati Bekasi. Bahkan belum dilakukan open bidding untuk mengisi kekosongan tersebut.

”Memang ada beberapa posisi kepala OPD yang masih kosong. Namun hingga saat ini belum dilakukan open bidding sebagai proses untuk mengisi kekesongan itu,” kata Asda I Setda Pemkab Bekasi, Edi Rochyadi, Rabu (4/3).

Sebab kata Edi, saat ini pihaknya sedang menunggu penetapan Peraturan Daerah (Perda) terkait perubahan struktur kelembagaan di lingkup OPD Pemkab Bekasi.

”Untuk Perdanya memang sudah jadi, tapi untuk masalah turunan pelaksananya melalui Peraturan Bupati (Perbup), masih dalam proses. Jadi, untuk hal tersebut, kami sedang menunggu,” terang Edi.

Ia menambahkan, adanya pelaksanaan Perda tentang OPD, ada beberapa OPD yang disesuaikan serta dilebur untuk menyesuaikan kepada tugas pokok dan fungsi (tupoksi) secara kelembagaan organisasi serta personal birokrat yang menjalankan struktur.

Menurut Edi, adanya kekosongan kepala dinas di sebuah OPD, sama sekali tidak menganggu pelayanan kepada masyarakat. Karena, kekosongan beberapa kepala OPD juga diisi oleh Plt. Sehingga roda organisasi tetap berjalan. Meskipun, Edi tidak menampik jika program kerja yang berjalan belum maksimal.

”Secara keseluruhan tidak terganggu, sebab program kerja tetap berjalan. Namun perlu ditingkatkan kualitas kerja para birokrat,” jelasnya.

Sekadar diketahui, selain kepala OPD, kekosongan di lingkup Pemkab Bekasi juga terjadi pada jabatan struktural, diantaranya, Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Kepala Bidang Fisik Bappeda, Kepala Bidang Penataan Ruang (PUPR), dan Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, serta beberapa posisi eselon IV. (and)

 

Related Articles

Back to top button