Metropolis
Trending

Simpang SS Jakasetia Masih Prioritas

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Status simpang Jalan SS Jakasetia-Pekayon yang belum lama ini diresmikan dinilai masih dalam status prioritas. Untuk itu, belum ada traffic light di simpang jalan tersebut.

Selain itu, rencana pengadaan rambu atau traffic light di ruas jalan tersebut tidak ada pada tahun ini.

Pantauan Radar Bekasi akses jalan dari Permata Pekayon hingga Pondok Surya Mandala ini sudah nampak ramai, meskipun belum sepadat jalur utama pekayon. Di salah satu simpang, kendaraan dari empat arah yang berbeda saling serobot, nampak satu juru parkir mengatur di simpang tersebut.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi, Teguh Indrianto menyebut berdasarkan perhitungan jumlah kendaraan dan beberapa komponen lain, simpang di jalan SS Jakasetia-Pekayon ini masih berada di status Prioritas, atau belum memerlukan traffic light.

”Nah semua itu ada hitungannya, kami melihat beberapa pengaturan simpang tersebut belum dengan TL (Traffic light),” terangnya, Kamis (5/3).

Salah satu simpang telah dipasang warning light, rambu tersebut merupakan rambu di persimpangan lain yang sudah berubah statusnya, sehingga dipindahkan.

Ada beberapa status simpang sehingga dinilai perlu atau tidak dipasang traffic light, diantaranya status simpang prioritas, kedua simpang bersinyal, ketiga bundaran, ke empat bundaran bersinyal, dan terkahir simpang tidak sebidang. Simpang tidak sebidang ini memerlukan flyover atau underpass untuk mengurai kepadatan.

Meskipun dinilai belum memerlukan traffic light untuk mengatur volume kendaraan di simpang, pihaknya akan memasang speed bump guna menjaga keselamatan pengendara di setiap simpang Jakasetia-Pekayon.

”Sementaraa untuk menjaga keselamatan, kita akan pasang speed bump,” ungkapnya.

Di sepanjang ruas jalan, nampak deretan kendaraan roda empat terparkir di bahu jalan. Teguh mengaku, pihaknya sempat mempertimbangkan jika antara Jalan Pekayon Jatiasih dengan Jalan SS Jakasetia-Pekayon ini dibuat masing-masing satu arah. Upaya tersebut diklaim akan mengurai kepadatan di Jalan Pekayon Jatiasih yang kerap mengular di jam-jam sibuk.

Namun, kebijakan ini dinilai belum tepat, lantaran masih ada sisa 1,6 km hingga Pasar Rebo, Jatiasih, Kota Bekasi. Jika sudah selesai sesuai target, maka kebijakan untuk membuat kedua ruas jalan masing-masing satu arah akan dipertimbangkan kembali. (sur)

 

Related Articles

Back to top button