Berita UtamaMetropolis
Trending

Permohonan Paspor Menurun

Dampak Disetopnya Umrah Sementara Akibat Virus Corona

Pengunjung beraktivitas di Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Bekasi, di Bekasi Utara, Jumat (6/3). Dampak dari penyetopan ibadah umrah sementara, pembuatan paspor di Kantor Imigrasi mengalami penurunan hingga 10 persen. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Penangguhan ibadah umrah oleh kerajaan Arab Saudi untuk sejumlah negara termasuk Indonesia guna mencegah penyebaran Covid-19 atau virus Corona  turut berdampak pada permohonan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Bekasi.

Pihak Imigrasi Bekasi mencatat pengunjung termasuk permohonan pembuatan paspor menurun 10 persen dari kuota 150 pemohon setiap harinya.

Kala itu di katakan Kepala Seksi Teknologi lnformasi dan Komunikasi Keimigrasian pada Imigrasi Kelas II Non-TPI Bekasi, Danis Paskah, Jumat (6/3).

”Kita mencatat dari minggu ini yang berkunjung (pemohon paspor) ke Kantor Imigrasi berkurang hingga 10 persen, saat adanya penyetopan jamaah umrah dan haji Indonesia oleh Arab Saudi,” katanya.

Ditambah adanya pernyataan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melarang warga dari tiga Negara seperti Iran, Italia dan Korea Selatan berkunjung atau travel ke Indonesia.

Dari larangan Arab Saudi itu, lanjut Danis, mengakibatkan berkurangnya minat pengunjung ke Kantor Imigrasi. Yang biasanya melayani 150 pengunjung, kini pihaknya hanya melayani dibawah 150 pengunjung atau berkurang 10 persen.

”Itu tercatat dari kuota yang kita siapkan  150 orang. Yang melakukan booking di aplikasi layanan paspor online website Imigarasi.co.id, membatalkan untuk hadir,” ucapnya.

Pihaknya juga mengaku, saat ini tidak ada pemohon pembuatan paspor untuk calon jamaah umrah, karena adanya penyetopan umrah sementara.

Untuk semtara ini, warga Bekasi yang membuat paspor hanya untuk travel ke Malaysia, Singapura dan bebrapa negara lainnya yang tidak terjangkit virus Corona.

”Kita juga belum tahu kedepan penyetopan ini akan dicabut kapan oleh Arab Saudi, untuk pelayanan kita tetap akan layani dan tidak akan kita setop pembuatan paspor,” ungkapnya. (pay)

Related Articles

Back to top button