Bekasi

59 Cakades Mendaftar

MENDAFTAR :Salah satu Cakades saat sedang mendaftar. Sebanyak 59 Cakades telah mendaftar untuk mengikuti Pilkades Kabupaten Bekasi 2020.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pendaftaran Calon Kepala Desa (Cakades) Kabupaten Bekasi 2020 resmi ditutup, Minggu (8/3). Sebanyak 59 calon kepala desa dari 16 desa yang menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahun ini telah mendaftar. Setelah itu, panitia akan melakukan proses verifikasi data kelengkapan administrasi hingga 12 Maret nanti.

Dari 16 Desa, ada tiga desa dengan pendaftar terbanyak, yakni desa Telajung Cikarang Barat ada enam calon, Desa Tanjungsari Cikarang Utara ada enam Calon, dan desa Karang Rahayu Kecamatan Karangbahagia yang juga ada enam calon.

Ketua Panitia Pilkades Desa Mangunjaya, Andi Effendi mengatakan, sesuai jadwal tahapan yang telah dilaksanakan berupa penerimaan pendaftaran balon Kades sampai dengan, Sabtu (7/3) pukul 00.00, ada sebanyak 4 orang warga mendaftarkan dirinya maju sebagai balon Kades.

”Keempat balon ini resmi mendaftar dan sudah menyerahkan juga berkas persyaratan administrasi kepada panitia, untuk selanjutnya kita akan teliti kelengkapan persyaratan sebelum nantinya ditetapkan sebagai calon Kades,” kata Andi ditemui Radar Bekasi di kantornya, Minggu (8/3).

Menurutnya, proses penelitian kelengkapan berkas persyaratan balon ini bakal diproses panitia sesuai jadwal tahapan selama lima hari, atau hingga tanggal 12 Maret 2020 mendatang. Kalaupun memang tidak ada masalah, maka di hari berikutnya akan langsung disampaikan hasilnya.

”Jadi, kemungkinan dari panitia sepakat hasil itu kita sampaikan sehari berikutnya, dan untuk penetapan calon pun tidak tunggu tanggal 20 Maret sesuai jadwal tahapan, ya kira-kira antara tanggal 18-19 Maret. Jadi, tanggal 20 Maret kita tinggal agenda pengundian nomor urut saja,” ungkap Andi.

Situasi berbeda terjadi di Desa Telajung, Cikarang Barat, lantaran Balon Kades ada sebanyak 6 orang maka proses tahapan penetapan calon bakal berjalan lebih alot. Pasalnya, sesuai aturan para balon Kades akan menjalani proses seleksi tertulis dan wawancara sebelum ditetapkan sebagai calon kades (cakades).

”Iya bang, untuk seleksi dilaksanakan pada tanggal 15-16 Maret 2020 mendatang. Tapi saat ini, panitia masih dalam proses penelitian kelengkapan persyaratan dulu selama lima hari kedepan. Jadi, kalaupun semuanya dinyatakan lengkap kita laporkan ke Panitia tingkat Kabupaten untuk kegiatan seleksi,” kata Anggota Pilkades Desa Telajung, Yasin.

Yasin mengungkapkan, keenam balon Kades yang mendaftarkan diri kepada panitia itu antaralain, H Atjep Sunarja, Namin, Goli, H Samen, Jiman, dan terakhir atas nama Asep yang mendaftar pada Jumat (6/3) atau sehari sebelum pendaftaran ditutup. (mhf)

Related Articles

Back to top button