Politik

PAN Sependapat Pemprov Jabar Tak Adil

Soal Bantuan Tak Adil

KRITIK: Sekretaris DPD PAN Kota Bekasi, Abdul Muin mengkritik minimnya bantuan anggaran dari Pemprov Jabar ke Pemkot Bekasi. Padahal, kontribusi pendapatan Kota Bekasi dari sektor pajak kendaraan bermotor ke APBD Jawa Barat mencapai Rp3 triliun. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Bantuan fiskal yang tidak adil dari Pemprov Jawa Barat mendapat sorotan Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi pada paripurna di DPRD Kota Bekasi, Selasa (10/3). Demikian hal itu disampaikan Sekretaris DPD PAN Kota Bekasi, Abdul Muin.

Pria yang juga ketua Fraksi PAN ini mengatakan, bahwa pihaknya sependapat dengan hal tersebut.

”Saya sangat sepakat, karena kontribusi Kota Bekasi meningkatkan APBD Jawa Barat sudah cukup luar biasa. Kontribusi kita ke Jawa Barat juga bagus. Apalagi kalau dilihat eksistensi kita baru 23 tahun,” katanya kemarin.

Pria yang akrab disapa Muin ini menyampaikan, kontribusi Kota Bekasi dari sektor pajak kendaraan bermotor mencapai Rp3 triliun. Sementara, bantuan yang diberikan hanya Rp148 miliar.

”Padahal, dari pajak kendaraan bermotor saja mencapai Rp3 triliun. Dan terbesar ke 3 setelah Kabupaten Bekasi, dan Bogor. Belum dari sektor lainnya,” jelasnya.

Maka, kata dia, dengan raihan APBD Jawa Barat sebesar Rp46 triliun, sudah sepantasnya Kota Bekasi mendapat alokasi bantuan fiskal lebih banyak.

”Sepantasnya 30 persen diberikan ke Kota Bekasi. Kalau ada yang komentar Kota Bekasi sudah dapat bantuan DKI Jakarta, itu kan karena kompensasi dari lahan TPST Bantargebang. Dan juga sebagian besar warga Bekasi beraktifitas di Jakarta juga jadi wajar kalau kompensasi diberikan dari Jakarta,” tukasnya. (dan)

Related Articles

Back to top button