Bekasi

Puluhan Rumah Rusak Berat

AMBRUK: Sejumlah rumah di Kampung Nangerang RT13/5, Desa Pulosari, Kecamatan Kalapanunggal, ambruk setelah digoyang gempa berkekuatan 5.0 magnitudo, kemarin (10/3).

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Puluhan rumah di Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi, rusak berat akibat diguncang gempa berkekuatan 5.0 skalarichter (SR) magnitudo, sekira pukul 17.40 WIB, kemarin (10/3).

 Episenter gempa terletak di koordinat 6.89 Lintang Selatan (LS) – 106.62 Bujur Timur (BT). Atau tepatnya berlokasi pada jarak 13 kilometer timur laut Sukabumi. Gempa berpusat di laut dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa tidak berpotensi tsunami.

 Dari informasi yang diperoleh Radar Sukabumi (Radar Bekasi Group), akibat gempa bumi tersebut, tiga kecamatan terkena dampaknya yakni Kalapanunggal, Kabandungan, dan Parakansalak. Bahkan, puluhan rumah di beberapa desa di Kecamatan Kalapanunggal mengalami rusak berat. Bahkan, ada juga yang ambruk hingga rata dengan tanah.

 Seperti terjadi di Desa Makasari mengakibatkan sedikitnya 16 rumah rusak. Belasan rumah ini yakni di 8 unit di Kampung Ranji RT5/2, 2 unit di Kampung Kadupugur RT24/1, 1 unit di Kampung Cikunten RT3/1, 2 unit di Kampung Cibuluh RT13/5, 2 unit di Kampung Cisarua RT9/4 dan 1 unit di Kampung Musola RT18.

 Camat Kalapanunggal, Arif Solihin mengatakan, pihaknya saat ini masih melakukan pendataan terkait jumlah pasti kerusakan akibat gempa tersebut. ”Kami masih menunggu laporan dari setiap desa sehingga belum mengetahui secara pasti ada berapa rumah yang mengalami kerusakan. Tapi infonya mencapai puluhan dan emapat korban luka-luka,” kata Arif kepada Radar Sukabumi (Radar Bekasi Group), kemarin (10/3).

 Pihaknya saat berkoordinasi dengan beberapa instansi seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi dan instansi lainnya. ”Kami masih melakukan pendataan. Kerusakan di Pulosari, Walangsari, Makasari, Gunungendut, Kalapanunggal sudah ada yang masuk sekarang. Mau didata satu per satu, termasuk bila ada data korban,” ucapnya.

 Sementara itu, Koordinator Pusdalop Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna mengaku, petugas saat ini sudah terjun kelokasi kejadian untuk melakukan pengecekan. ”Kami masih melakukan pengecekan belum ada data pastinya. Petugas saat ini masih melakukan pendataan,” singkatnya.

 Sementara itu, Paur Humas Polres Sukabumi, Aah Saepul Rohman menambahkan, anggota dari Polsek Kalapanunggal sedang melakukan pengecekan lokasi. ”Informasi sementara sudah ada satu rumah yang dilaporkan mengalami kerusakan dan tiga orang mengalami luka-luka akibat bencana alam tersebut. Kini semuanya sudah dievakuasi di layanan kesehatan terdekat. Untuk kerugian belum bisa diprediksi, tunggu hasil pendataan petugas di lapangan,” pungkasnya. (bam)

Related Articles

Back to top button