Metropolis

Tiga Wilayah Waspada DBD

ILUSTRASI: Pasien terbaring lemas di ruang IGD Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Chasbullah Abdulmajid, Kota Bekasi, belum lama ini. Kasus DBD di Kota Bekasi terus meningkat. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Jumlah angka penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Bekasi terus meningkat. Hingga Februari 2020 kemarin total warga terjangkit sebanyak 139 orang.

Kasus terbesar di tiga wilayah, yakni Kecamatan Bekasi Barat, Rawalumbu, dan Pondokgede.

Data terakhir yang didapatkan Radar Bekasi pada bulan Januari tercatat 75 kasus Februari sebanyak 64 kasus DBD. Total sebanyak 139 kasus terjadi selama dua bulan terakhir.

”Data kasus DBD tertinggi per kecamatan di Kota Bekasi Januari hingga Februari 2020, Kecamatan Bekasi Barat, Rawalumbu, Pondokgede,” jelas Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi, Tanti Rohilawati melalui keterangan tertulis yang diterima oleh Radar Bekasi, Selasa (11/3).

Upaya penanggulangan disebutkannya tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Pada tahun 2019 lalu, tercatat 128 kasus pada bulan Januari, dan 71 kasus pada bulan Februari.

Dinkes mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan diri, rumah, dan lingkungan. Selain itu, masyarakat di berbagai wilayah juga diminta untuk mengaktifkan kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik) di setiap rumah, serta mengaktifkan gerakan gerakan menguras, menutup, menyingkirkan barang bekas, dan usah lainnya (3M Plus).

Sederet upaya yang sudah dilakukan, dilaporkan diantaranya menggunakan media WhatsApp group Puskesmas, Rumah Sakit (RS), dan perwakilan kader Jumantik di Kota Bekasi.

WhatsApp group perwakilan kader Jumantik se-kota Bekasi, untuk menggerakan kader-kader Jumantik supaya lebih giat dalam membantu penanggulangan kasus DBD,” lanjutnya.

Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) juga dilakukan, diantaranya di Lapas kelas IIA Bekasi dan lingkungan masyarakat. Supervisi dan pemantauan juga dilakukan terhadap gerakan PSN 4M plus oleh tim DBD Dinkes Kota Bekasi. (sur)

Related Articles

Back to top button