Cikarang

Siap Implementasikan Permendagri No. 90 Tahun 2019

SAMBUTAN: Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Uju, memberi sambutan pada kegiatan Bimtek Sinkronisasi Rencanaan Pembangunan Daerah. DOK.HUMAS/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Untuk mengimplementasikan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 90 Tahun 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diikuti oleh para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di lingkungan Pemkab Bekasi.

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Uju, dilaksanakan selama tiga hari.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Uju mengungkapkan, bahwa Permendagri No. 90 Tahun 2019, merupakan pedoman bagi Pemerintah Daerah dalam menyediakan dan menyajikan informasi secara berjenjang, serta mandiri berupa pengelompokan, pemberian kode dan daftar penamaan menuju single codebase.

Single codebase ini nantinya akan digunakan dalam penyusunan perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pertanggungjawaban serta laporan kinerja keuangan,” kata Uju.

”Klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah sebagaimana diatur dalam Permendagri No. 90 Tahun 2019, merupakan perwujudan pelaksanaan urusan pemerintahan daerah yang disentralisasikan, sehingga pemanfaatannya akan sangat mendukung penyelenggaraan kegiatan,” terang Uju.

Selain itu, lanjutnya, proses penyelenggaraan di dalam aturan, terdiri dari perencanaan pembangunan daerah, perencanaan anggaran daerah, pelaksanaan dan penatausahaan keuangan daerah, akuntansi dan pelaporan keuangan daerah, pertanggungjawaban keuangan daerah, pengawasan keuangan daerah dan analisis informasi pemerintahan daerah lainnya.

”Dengan adanya standarisasi penamaan, pemberian kode, pengelompokan informasi menuju single codebase ini, maka akan menjadikan tata kelola pemerintah daerah yang semakin transparan, akuntabel, responsif serta reliable sesuai dengan prinsip-prinsip good governance,” ungkapnya.

Ditambahkan Uju, agar jajaran perangkat daerah mampu mengimplementasikan Permenddagri No. 90 Tahun 2019 ini, dengan berlandaskan pada komitmen yang kuat dan kolaborasi yang inovatif dengan berbagai pihak.

”Agar tercipta suatu kondisi untuk mengakselerasi satu kesepahaman terkait dengan Permendagri No. 90 Tahun 2019 yang harus diimplementasikan di Pemerintah Daerah, maka Kabupaten Bekasi harus dilandaskan oleh komitmen yang kuat dan kolaborasi serta inovatif dengan berbagai pihak.” tutup Uju.

Sekadar diketahui, kegiatan Bimtek Sinkronisasi Perencanaan Pembangunan Daerah, menghadirkan pembicara yang berasal dari Direktorat Jendral Bina Pembangunan Daerah Kemendagri dan Direktorat Jendral Bina Keuangan Daerah Kemendagri. (and/adv)

Related Articles

Back to top button