Bekasi

Cakades Diminta Tak Kerahkan Massa

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Tahapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2020 di Kabupaten Bekasi dipastikan tidak terpengaruh dengan penyebaran virus Corona atau Covid-19 yang saat ini sudah merebak di Tanah Air dan menelan korban jiwa.

Padahal, sesuai surat edaran Bupati Bekasi Nomor: 420/SE-25/Dinkes/2020 tentang percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Bekasi itu, salah satu intruksinya meminta agar masyarakat menghindari keramaian. Sedangkan, dalam setiap tahapan para balon terkadang kerap mengerahkan massanya.

Kabid Pemerintahan Desa di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) kabupaten Bekasi Maman Firmansyah meminta, para calon kepala desa (Cakades) tidak mengerahkan massa. ”Ini sesuai intruksi Bupati, hal ini demi mencegah dan mengantisipasi penyebaran virus Corona,” ujar Maman di Hotel Santika, Minggu (15/3).

”Intinya, kita sih berharap harusnya masyarakat sudah bisa mengerti jika kalau sudah diimbau, ya jangan dilakukan,” sambungnya.

Dia menegaskan, tahapan penyelenggaraan Pilkades serentak di Kabupaten Bekasi ini dipastikan tidak terpengaruh dengan virus Corona, dan sampai saat ini juga dari pimpinan belum ada intruksi untuk dihentikan. ”Artinya, tahapan Pilkades saat ini masih berjalan sesuai dengan jadwal,” pungkasnya.

Anggota Panitia Pilkades Desa Mangunjaya Rohadi Puad mengakui, bersama tim panitia sedang lakukan pembahasan menindaklanjuti surat edaran Bupati ditengah tahapan Pilkades yang sedang berjalan. Khususnya, dalam tahapan penetapan calon dan pengundian nomor urut.

”Sesuai jadwal tahapan kegiatan itu akan dilaksanakan tanggal 20 Maret 2020 mendatang. Dan kami memang berharap, dan meminta saat tahapan itu para balon tak mengerahkan massanya. Tapi ini masih kita bahas bersama panitia lainnya,” ujar Rohadi saat dihubungi Radar Bekasi.

Sementara itu, Sekretaris Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) kabupaten Bekasi Edward Sutarman memastikan ASN Pemkab Bekasi masih masuk seperti biasanya. ”Saya memang sudah mengetahui adanya surat edaran yang disampaikan Mentri PAN-RB, Tjahjo Kumolo melalui media massa. Namun hingga saat ini Pemkab Bekasi. Senin (16/3) tetap masuk seperti biasa,” katanya.

Hingga saat ini, lanjutnya, belum ada kegiatan yang ditunda karena wabah virus Corona. ”Sepengetahuan saya tidak ada kegiatan yang ditunda,”katanya.

Senada disampaikan Kasubag Humas Bagian Humas dan Protokol Setda Pemkab Bekasi, Ramdan Nurul Ikhsan, menuturkan, untuk sementara kegiatan yang berlangsung di lingkup Pemkab Bekasi untuk sementara tetap akan berjalan. ”Pada prinsipnya belum ada kegiatan yang akan berlangsung ditunda, sebab dalam waktu dekat ini tidak ada kegiatan keramaian yang mengundang masyarakat berkumpul banyak,” katanya.(mhf/and)

Related Articles

Back to top button