Metropolis

Pendaftaran Mudik Gratis Dibuka

Sejumlah penumpang memadati kawasan Terminal Bekasi, beberapa waktu lalu. Pemkot Bekasi bersama Provinsi Jawa Barat menyediakan kuota mudik gratis 2.400 penumpang pada musim mudik 2020.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Mudik geratis tahun 2020 kembali bisa dinikmati oleh masyarakat Kota Bekasi, hari ini Dinas Perhubungan Kota Bekasi bersama dengan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat menyediakan ribuan kursi mudik gratis untuk tujuan Jawa Tengah, Senin (16/3).

Total sekira 2.400 kursi disediakan menggunakan 55 unit bus, rencananya pemudik akan diberangkatkan pada 19 Mei mendatang. Tujuan mudik gratis tahun ini Solo dan Jogjakarta.

Bagi masyarakat yang berniat untuk ikut mudik gratis ini disebut bisa langsung mendaftar mulai hari ini. Pendaftaran dilakukan secara off line atau datang langsung ke kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi.

”Langsung datang (ke kantor Dishub), karena tidak semua orang bisa operasi aplikasi, kita yang memasukkan ke sistem,” jelas Kabid Angkutan Dishub Kota Bekasi, Fathikun kepada Radar Bekasi, Minggu (15/3).

Pendaftaran dibuka sampai kuota kursi yang disediakan terpenuhi. Bagi yang telah mendaftar ulang diminta untuk datang kembali memastikan keberangkatannya pada empat hingga delapan Mei mendatang. Pendaftaran dilakukan dengan membawa beberapa syarat seperti fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), atau akte kelahiran bagi balita.

Bagi masyarakat yang belum terdaftar sebagai penduduk Provinsi Jawa Barat, bisa mendaftar dengan surat domisili dari RT/RW setempat. Dengan catatan tidak diwakili, serta maksimal satu KK beranggotakan empat orang.

Tahun lalu, bus yang disediakan mencapai 120 bus, atau sekira 4.800 penumpang. Kuota ini lebih banyak lantaran dibantu 80 bus oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). ”Sampai sekarang belum ada info untuk Kemenhub,” lanjutnya.

Bus dengan tujuan Solo akan melintas Tol Cipali, Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Salatiga, dan Boyolali. Sementara bus tujuan Jogjakarta akan melintas Tol Cipali, Pejagan, Ajibarang, Purwokerto, Kebumen, Purworejo, dan Wates. (sur)

Related Articles

Back to top button