Berita Bekasi Nomor Satu

Emil: Tes Masif untuk Pemetaan Persebaran Covid-19 di Jabar

BANDUNG, RADARBEKASI.ID-Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyatakan, tes masif yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar bertujuan untuk memetakan persebaran dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Untuk menyelesaikan pandemi COVID-19 ini kita harus punya peta (persebaran) dengan peta kita tahu di mana kekuatan akan kita dukung maksimal, di mana yang menjadi prioritas,” kata Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (27/3/20).

Menurut Kang Emil, Pemprov Jabar sudah memiliki peta persebaran COVID-19 yang dikelompokkan dalam empat kluster penyebaran, yakni Musyawarah Daerah (Musda) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jabar di Kabupaten Karawang, Seminar Bisnis Syariah di Kabupaten Bogor, Seminar keagamaan di Kota Bogor, dan Seminar keagamaan di Kabupaten Bandung Barat.

Peta persebaran tersebut, kata Kang Emil, dapat terdeteksi melalui tes proaktif yang sempat dilakukan Pemprov Jabar.

“Peta kedua sedang kita cari melalui tes masif yang sedang dilakukan, insyaallah besok lusa sebagian data sudah masuk, kita menemukan persebarannya di mana,” ucapnya.

“Untuk mengambil keputusan mana-mana dilakukan tindakan lebih lanjut. Saya kira itulah pentingnya tes masif. Tidak untuk semua (masyarakat Jabar), hanya untuk yang berkategori rawan terhadap potensi penularan dari COVID-19,” imbuhnya.

Setelah peta persebaran terdeteksi, Pemprov Jabar akan mengambil keputusan, seperti memperpanjang sekolah dan kerja di rumah atau tidak. Dari peta persebaran tersebut, Pemprov Jabar akan melakukan tracking masyarakat yang berpotensi besar terpapar COVID-19.

“Itulah follow up detail yang akan kita lakukan. Tanpa ada peta persebaran, kita gelap dalam menyusun rencana tindakan. Dengan adanya peta ini, kita bisa detail untuk memaksa orang yang ada di zona penyebaran untuk melakukan tes,” ucap Kang Emil. (rbs)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin