Berita Bekasi Nomor Satu

Alhamdulillah, Bayi Empat Bulan Positif Corona Dinyatakan Sembuh

Illustrasi : Bayi baru lahir memakai pelindung wajah sebagai pencegahan virus SARS-CoV-2. Foto pada Jumat (3/4) itu dirilis Paolo Hospital, Samutprakam, Thailand, Minggu (5/4/2020). (Paolo Hospital Samutprakam via AP)

BEKASI, RADARBEKASI.ID- Bayi empat bulan positif Covid-19 yang dirawat di RSUD Wates Kulonprogo akhirnya sembuh. Itu tampak dari hasil tes swab kedua yang diadakan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBT KLPP) Jogjakarta.

”Sabtu (4/4/2020) hasil tes dan data lab menyatakan negatif,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo Sri Budi Utami kepada Jawa Pos Radar Jogja (Radar Bekasi Group), kemarin (5/4/2020).

Meski demikian, bayi tersebut masih dirawat di RSUD Wates. Namun, perawatan tidak berlangsung lama. ”Satu atau dua hari ini boleh pulang jika secara umum kondisinya baik,” jelasnya.

Bayi laki-laki asal Kapanewon, Wates, itu dirawat di RSUD Wates sejak Selasa (17/4). Dia menunjukkan gejala demam dan sesak napas setelah berpergian dengan orang tuanya di salah satu kota di Jawa Tengah. Dengan alasan keamanan, mengingat riwayat perjalanan dan gejala sakit yang diderita, RSUD Wates lantas mengisolasi bayi tersebut. Bersamaan dengan hal itu, status bayi dimasukkan kriteria pasien dalam perawatan (PDP).

RSUD Wates kemudian mengirimkan spesimen bayi ke BBTKLPP Jogjakarta dan dilakukan tes swab pertama. Hasil tes yang keluar pada Rabu (25/3) menunjukkan bahwa bayi tersebut positif terjangkit virus korona.

Selama perawatan, sampel spesimen bayi itu kembali diuji BBTKLPP Jogjakarta. Pada Sabtu (4/4), hasil tes swab kedua keluar. Hasilnya negatif korona. ”Ini kabar baik dari Kulonprogo untuk kasus Covid-19,” jelasnya. (rbs)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin