Berita Bekasi Nomor Satu

86 Warga Jabar dari Arab Saudi Diisolasi

DIJEMPUT : Warga Jabar dijemput Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar dari Bandara Soekarno-Hatta tiba di Pusat Isolasi Mandiri Covid-19 BPSDM Provinsi Jabar, Kota Cimahi, Sabtu (2/5) malam. (HumasJabar)
DIJEMPUT : Warga Jabar dijemput Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar dari Bandara Soekarno-Hatta tiba di Pusat Isolasi Mandiri Covid-19 BPSDM Provinsi Jabar, Kota Cimahi, Sabtu (2/5) malam. (HumasJabar)

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sebanyak 86 warga Jawa Barat (Jabar) dari Arab Saudi dijemput Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar dari Bandara Soekarno-Hatta.

Mereka akan menjalani isolasi di Pusat Isolasi Mandiri Covid-19 Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jabar, Kota Cimahi.

Direktur Rumah Sakit Kesehatan Kerja (RSKK) Vini Adiani Dewi mengatakan, seluruh peserta isolasi akan menjalani tes swab atau uji metode polimerase chain reaction (PCR) untuk memastikan ada tidaknya virus SARS-CoV-2 itu kemarin, Minggu (3/5).

“Minggu (3/5) ini, kami akan lakukan pemeriksaan swab kepada seluruh tenaga kerja yang baru pulang dari luar negeri tersebut. Semua kami lakukan swab, di tempat yang sama di sini (BPSDM),” ujar Vini, dalam keterangannya dilansir dari radarbandung.id (grup Radar Bekasi)

Dia mengatakan, pihaknya telah menyiapkan fasilitas kamar yang dilengkapi kebutuhan pribadi untuk semua peserta isolasi, termasuk kebutuhan pangan.

”Kami sudah menyiapkan kamar yang di dalamnya sudah berisi segala macam kepentingan pribadi, termasuk alat kebersihan pribadi. Setiap hari, kami berikan makanan untuk buka (puasa), sahur, makan pagi dan makan siang (bagi yang tidak berpuasa), kami sudah sediakan semuanya,” kata Vini.

Terkait penanganan lebih lanjut, Vini mengatakan, hasil tes swab akan menentukan langkah perawatan yang akan diberikan kepada masing-masing peserta isolasi. Jika positif, peserta isolasi akan ditempatkan sesuai dengan protokol yang berlaku, jika hasilnya negatif, peserta isolasi diperbolehkan pulang setelah menjalani karantina selama 14 hari.

Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat yang memfasilitasi kepulangan 86 warga Jabar dari Arab Saudi sejak mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Sabtu (2/5) malam, memastikan semua dalam kondisi sehat dan aman masuk daerah asal.

Kepulangan warga Jabar tersebut berdasar Surat Kementerian Dalam Negeri, Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler, Direktur Perlindungan WNI dan BHI Nomor 05055/WN/05/2020/66 tentang Rencana Kepulangan WNI dari Arab Saudi ke Indonesia.(ysf)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin