Berita Bekasi Nomor Satu
Bisnis  

Metland Cetak Laba Rp487 Miliar

FOTO BERSAMA: Jajaran komisaris dan direksi PT Metropolitan Land Tbk saat sesi foto bersama usai pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Sahan Luar Biasa (RUPSLB), Kamis (6/8). Foto: Metland
FOTO BERSAMA: Jajaran komisaris dan direksi PT Metropolitan Land Tbk saat sesi foto bersama usai pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Sahan Luar Biasa (RUPSLB), Kamis (6/8). Foto: Metland

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Emiten properti PT Metropolitan Land Tbk (Metland) dengan kode saham MTLA mencatatkan laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp487 miliar. “Pada tahun buku 2019 jumlah tersebut naik tipis 1,09 persen dari tahun lalu. Hal ini dikarenakan kondisi industri properti yang masih tumbuh relatif stagnan,” jelas Direktur dan Sekretaris Perusahaan PT Metropolitan Land Tbk, Olivia Surodjo,  usai pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Sahan Luar Biasa (RUPSLB), Kamis (6/8).

Dari laba tersebut RUPST menyetujui sekitar 10 persen dari laba, atau sebesar Rp 6,30 per lembar saham untuk dibagikan sebagai dividen tunai kepada 7.655.126.330 pemegang saham sesuai peraturan perundangan yang berlaku. Dana dialokasikan sebagai cadangan sebesar Rp2 miliar. Sedangkan sisanya dibukukan sebagai laba ditahan untuk menambah modal kerja Perseroan.

“Setiap tahun Metland berkomitmen memberikan dividen jika kinerja perusahaan positif,” lanjut Olivia.

Kinerja Usaha 2019

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur PT Metropolitan Land Tbk Thomas J. Angfendy menjelaskan bahwa Metland dapat melalui tahun 2019 dengan baik, tercermin dari peningkatan laba sebesar 1,09 persen.

Nilai aset Perseroan pada tahun 2019, bertumbuh sebesar 17,59 persen, yaitu mencapai Rp6,1 triliun. Sedangkan peningkatan ekuitas Perseroan sebesar 11,95 persen menjadi Rp3,85 triliun di tahun 2019.

Total nilai pendapatan Perseroan selama tahun 2019 adalah sebesar Rp1,40 triliun meningkat 1,81 persen dibanding pendapatan tahun 2018 yang dibukukan Perseroan sebesar Rp1,38 triliun. Peningkatan pendapatan disebabkan oleh peningkatan penjualan properti sebesar Rp881 miliar, naik 1,43 persen dibandingkan Rp868 miliar.

Penjualan terbesar berasal dari proyek The Riviera At Puri, Metland Cibitung, dan Metland Cileungsi. Semua proyek Perseroan turut memberikan kontribusi dengan besaran 63 persen dari usaha penjualan properti residensial dan penjualan properti strata title, 26 persen dari pendapatan sewa pusat perbelanjaan, 8 persen dari pengoperasian hotel dan 3 persen dari pengoperasian pusat rekreasi, perkantoran dan pendapatan lain-lain.

Sepanjang tahun 2019, Perseroan mengembangkan proyek-proyek strategis mencakup proyek residensial, seperti peluncuran rumah tapak Wisteria fase 1 yang merupakan bagian dari kerjasama operasi dengan Keppel Land Ltd. Selain itu, Metland Puri meluncurkan Cluster Clematis pada akhir tahun yang mendapat respon pasar sangat baik.

Untuk proyek strata, Perseroan telah menyelesaikan pembangunan Tower Aster – Kaliana Apartment di Metland Transyogi yang telah mulai melakukan proses serah terima kepada konsumen di akhir tahun 2019. Pada proyek komersial Metland melalui anak perusahaan PT Sumber Tata Lestari melaksanakan Peletakan Batu Pertama (ground breaking) Hotel Horison Ultima Kertajati yang berlokasi di jalan Kadipaten Jatibarang, Majalengka.

Pada Agustus 2019, Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi meresmikan Stasiun Kereta Api Metland Telaga Murni yang berlokasi di dalam kawasan perumahan Metland Cibitung.

Strategi Tahun 2020

Saat ini Metland sedang menjalankan program New Normal New Home yang memberikan kemudahan diskon hingga Rp500 jutaan, harga termasuk biaya BPHTB, KPR dan AJB hingga hadiah menarik berupa kitchen set, air conditioner (AC), logam mulia dan voucher belanja sampai dengan Rp 10 juta (syarat dan ketentuan berlaku). Program ini diikuti oleh seluruh proyek residensial dan apartemen Metland yaitu Metland Menteng, Metland Puri, Metland Transyogi, Metland Cileungsi, Metland Tambun, Metland Cibitung, Metland Cyber City, M Gold Tower dan Kaliana Apartment. Produk yang bisa diperoleh dari program ini juga beragam mulai dari rumah ready stock, rumah indent, unit apartemen, kavling dan ruko. (oke)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin