Berita Bekasi Nomor Satu

Penalti Susulan Ini Sahkan Kemenangan MU

BEKASI, RADARBEKASI.ID-Manchester United meraih kemenangan dramatis pada lanjutan Premier League 2020-2021. Menghadapi tuan rumah Brighton & Hove Albion di American Express Community Stadium, United menang dengan skor 3-2.

Gol penentu kemenangan United terjadi dengan cara dan momen ‘yang luar biasa’. Sejatinya, wasit Chris Kavanagh sudah meniup peluit tanda pertandingan selesai.

Namun, wasit mendapatkan informasi dari ruang VAR dan akhirnya melakukan review. Hasilnya, ternyata, pemain Brighton Neal Maupay melakukan handsball setelah Harry Maguire melakukan tandukan ke arah gawang.

Wasit kemudian memberikan hadiah penalti. Gelandang Bruno Fernandes mengeksekuinya dengan sempurna. United menang 3-2. Pertandingan langsung selesai.

Berdasarkan panduan VAR yang dikeluarkan FIFA pasal 8.13, penalti yang diberikan kepada United memang sah. Sebab, kejadian handsball dari Maupay itu berlangsung saat wasit belum meniup tanda pertandingan berakhir.

Fungsi VAR seperti asisten wasit. Jadi, mereka memberikan masukan kepada wasit yang berada di lapangan apa yang bisa dilakukan dan keputusan apa yang harusnya diambil.

“Jika kejadiannya setelah peluit tanda akhir pertandingan, ya wasit tidak boleh melakukan review. Itu adalah hal fundamental dalam aturan ini,” kata Neil Swarbrick, mantan wasit yang sekarang menjadi penanggung jawab VAR Premier League kepada The Irish Mirror.

Brighton membuka keunggulan dalam pertandingan ini lewat penalti gaya panenka Maupay pada menit ke-40. United berbalik memimpin 2-1 via gol bunuh diri bek Brighton Lewis Dunk pada menit ke-43 dan sepakan Marcus Rashford pada menit ke-55.

Dengan dramatis, Brighton menyamakan kedudukan 2-2 pada menit kelima tambahan waktu babak kedua lewat tandukan Solly March. Namun, penalti Bruno Fernandes menggagalkan Brighton meraih satu poin.

Tambahan tiga angka membuat United berada di posisi ke-13 klasemen sementara Premier League. Setan Merah meraih satu kemenangan dan satu kekalahan.  (jpc)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin