Berita Bekasi Nomor Satu

Adakan Virtual Gathering Lippo Cikarang, Prof. Didik : Bangkitkan Spirit Modal Sosial di Kalangan RT/RW Lippo Cikarang  

Kegiatan virtual gathering.

 

Kegiatan virtual gathering.

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Di tengah situasi pandemi Covid-19 yang masih melanda tanah air, Lippo Cikarang melaksanakan kegiatan virtual gathering untuk menjalin komunikasi dengan warga kota agar silaturahmi terus tejaga baik dan harmonis.

Kegiatan ini menghadirkan Prof Dr Didik J Rachbini selaku komisaris independen PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) sebagai pembicara, dan juga diikuti seluruh Ketua RT/RW se-Lippo Cikarang, serta perwakilan dari managemen PT Lippo Cikarang Tbk.

Mengangkat tema kunci sukses kehidupan bermasyarakat kota dengan tujuan membangun kepercayaan warga terhadap managemen Lippo Cikarang, Didik mengatakan, modal sosial sangat dibutuhkan melebihi modal kapital dalam hubungannya dengan kemajuan suatu jawasan pemukiman.

Prof Didik memberi contoh kasus beberapa perbedaan kemajuan, seperti Filipina Utara dengan Filipina Selatan, juga Italia Utaradan Italia Selatan. “Perang dan konflik di Selatan Filipina, bikin kawasan terpuruk, kalah dibanding kemajuan Filipina Utara yang modern. Lalu, jaringan mafioso di Selatan Italia, terkesan membuat kawasannya kalah telwk dibanding kemajuan Italia Utara yang olahraganya, turismenya dan seninya hebat,” ujar Prof Didik.

Karena itu, menurutnya, modal sosial, yakni ‘trust’ (kepercayaan, rasa saling percaya), ‘norm’ (budaya, adat, kearifan-kearifan agama dan lokal), serta ‘network’ (memiliki dan terus bangun jaringan luas), merupakan hal sangat penting yang memungkinkan terbentukny kerjasama dinamis, positif di antara manusia.

Diharapkan, kegiatan ini berdampak pada hubungan harmonis antar sesama warga yang tinggal di kota Lippo Cikarang, serta dengan managemen pengelola kawasan industri serta perkotaan Lippo Cikarang. (oke/*)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin