Berita Bekasi Nomor Satu

Tes Antigen Penumpang KRL

ILUSTRASI: Sejumlah calon penumpang mengantre masuk di Stasiun Bekasi, Senin (25/1). Penumpang KRL bakal di tes acak Covid-19 berupa rapid tes antigen untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI
ILUSTRASI: Sejumlah calon penumpang mengantre masuk di Stasiun Bekasi, Senin (25/1). Penumpang KRL bakal di tes acak Covid-19 berupa rapid tes antigen untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Hal ini, untuk antisipasi penyebaran Covid-19 di tengah meningkatnya jumlah pengguna pada Sabtu dan Minggu (16/5) kemarin.

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba mengatakan, tes antigen acak dilakukan sebelum pengguna bertransaksi untuk membeli tiket ataupun tap masuk di gate elektronik stasiun.

Bagi para pengguna yang hasilnya negatif akan dipersilakan melanjutkan perjalanan dengan KRL.

“Sementara para pengguna yang hasilnya positif tidak diizinkan naik KRL dan datanya dilaporkan ke satgas Covid-19 setempat,” ujar Anne dalam keterangannya, Minggu (16/5).

Menurut Anne, tes antigen tersebut dilakukan di empat stasiun diantaranya, Manggarai, Bogor, Bekasi, dan Tangerang. KAI Commuter mengajak para calon pengguna yang ingin memeriksakan diri untuk secara sukarela dapat menjalani tes ini.

“Para pengguna yang ditunjuk secara acak oleh petugas juga kami minta dapat mengikuti tes untuk kesehatan diri sendiri dan sesama pengguna KRL,” kata Anne.

Sementara, pola pergerakan para pengguna KRL selama musim libur lebaran ini berbeda dengan hari-hari biasa. Pengguna yang kebanyakan bukan pengguna rutin dan bepergian bersama keluarga atau kerabat cenderung mulai menggunakan KRL pada siang hari.

Data KAI Commuter pada 12-14 Mei 2021 menunjukkan pergerakan pengguna mulai meningkat sejak pukul 09.00 – 11.00 di siang hari dan kembali ramai pukul 17.00 – 19.00, meski tidak seramai pada siang hari.

“Para pengguna kami sarankan untuk merencanakan perjalanannya dengan lebih baik dan menggunakan KRL di luar jam-jam tersebut agar terhindar dari potensi kepadatan. Informasi kepadatan stasiun juga dapat dilihat melalui aplikasi KRL Access,” ungkap Anne.

Meskipun ada peningkatan dari segi volume keseluruhan, jumlah pengguna KRL pada masa libur Lebaran ini masih di bawah volume pada hari-hari kerja yang mencapai sekitar 400.000 pengguna.

Volume pengguna KRL pada Sabtu (15/5) tercatat 328.495 pengguna atau meningkat 14 persen dibanding hari sebelumnya dimana jumlah pengguna mencapai 287.471 orang. (pjk/one).

Solverwp- WordPress Theme and Plugin