Berita Bekasi Nomor Satu

Denmark Lolos Dramatis, Rekor Baru Sejarah Euro

Para pemain Denmark merayakan kemenangan mereka atas Rusia pada laga ketiga Grup B di Parken Stadium, Copenhagen (22/6) WIB. (HANNAH MCKAY / POOL / AFP)
Para pemain Denmark merayakan kemenangan mereka atas Rusia pada laga ketiga Grup B di Parken Stadium, Copenhagen (22/6) WIB. (HANNAH MCKAY / POOL / AFP)

RADARBEKASI.ID, COPENHAGEN -Denmark, pada mulanya mendapatkan rentetan hasil buruk plus tragedi dalam dua pertandingan awal Euro 2020. Namun, pada laga ketiga Grup B dini hari tadi (22/6), Denmark bangkit untuk memukul Rusia 4-1. Kemenangan telak, memastikan Denmark lolos ke babak 16 besar.

Di dua pertandingan pertama, peluang Denmark seolah tertutup dengan kekalahan 0-1 dari Finlandia dan 1-2 dari Belgia. Tetapi, kemenangan 4-1 atas Rusia dan kekalahan 0-2 Finlandia dari Belgia pada waktu yang bersamaan, membuat konstelasi berubah.

Denmark, Finlandia, dan Rusia memiliki nilai sama tiga dalam tiga pertandingan. Ketiganya sudah saling mengalahkan. Namun, pada akhirnya, Denmark yang berhak menjadi runner-up Grup B karena memiliki selisih gol lebih baik ketimbang Finlandia dan Rusia. Dalam matchday kedua sebelumnya, Rusia berhasil mengalahkan Finaldia dengan skor 1-0.

Karena memiliki poin yang sama, peringkat tim ditentukan dengan selisih gol antar tiga tim itu. Denmark menjadi runner-up karena punya selisih gol lebih baik. Denmark mempunyai selisih gol +2. Sedangkan Finlandia berada di posisi ketiga dengan selisih gol 0. Sedangkan Rusia dipastikan tersingkir karena punya selisih gol -2.

Kelolosan Denmark ini adalah peristiwa fenomenal. Sebab berdasarkan data Opta, Denmark menjadi tim pertama dalam sejarah Euro yang lolos ke fase knockoutsetelah menelan dua kali kekalahan dalam dua laga awal.

Hasil ini semakin manis karena pada laga pembuka melawan Finlandia, Denmark terhantam tragedi akibat kolapsnya bintang utama mereka Christian Eriksen di lapangan. Eriksen mengalami henti jantung pada menit ke-43. Untunglah, nyawa gelandang Inter Milan itu bisa terselamatkan.

Di sisi lain, Belgia keluar sebagai juara grup B dengan rekor sempurna, tiga kali main, tiga kali menang. Sementara itu, Finlandia masih memiliki peluang untuk lolos dengan status sebagai salah satu tim peringkat tiga terbaik.

Dalam laga melawan Rusia di Parken Stadium, Copenhagen, gol dari Mikkel Damsgaard pada menit ke-38 dan Yussuf Poulsen (59′) membuat Denmark memimpin 2-0. Penalti Artem Dzyuba pada menit ke-70, membuat Rusia memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2.

Denmark yang membutuhkan kemenangan telak untuk lolos, lantas tampil menggila. Gol Andreas Christensen pada menit ke-79 dan Joakim Maehle (82′), akhirnya menggaransi kelolosan Denmark sebagai runner-up. 

“Saya kehabisan kata-kata untuk menggambarkan bagaimana saya mengagumi tim ini,” ucap pelatih Denmark Kasper Hjulmand dikutip dari situs resmi UEFA.

“Mereka sangat tangguh. Saya ingin berterima kasih kepada seluruh fans yang hadir di stadion. Cinta dan kepedulian mereka kepada tim Denmark, sangat membantu anak-anak mendapatkan kekuatan bermain dalam stadion ini,” imbuhnya.

Pada babak 16 besar, Denmark akan menghadapi runner-up Grup A, Wales. Pertandingan akan berlangsung di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, 26 Juni waktu setempat. (jpc)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin