Berita Bekasi Nomor Satu

Pelayanan Adminduk Offline Sepekan ke Depan

LIHAT LOKET: Seorang warga melihat loket pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi, Desa Sukamahi, Cikarang Pusat, Selasa (21/9). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, CIKARANG PUSAT – Sejumlah pelayanan secara daring (online di wilayah Kabupaten Bekasi, tidak bisa digunakan warga selama sepekan ke depan. Termasuk pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Hal tersebut, disebabkan jaringan internet di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, sedang dilakukan pemeliharaan rutin (maintenance). Alhasil, pelayanan kependudukan bisa dilakukan secara langsung (offline).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi, Hudaya mengatakan, pihaknya memastikan tetap bisa melayani masyarakat untuk pengurusan dokumen, walaupun jaringan internet sedang dilakukan maintenance.

”Memang untuk pelayanan secara daring tidak bisa dilakukan selama sepekan ke depan, karena sedang ada pemeliharaan rutin,” terang Hudaya.

Menurut dia, offline-nya jaringan kependudukan selama sepekan ke depan lantaran pengelola jaringan, yakni Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfostandi) sedang melakukan pemeliharaan rutin jaringan internet pada seluruh kantor di lingkungan Pemkab Bekasi.

”Hanya Jumat dan Senin lalu tidak ada pelayanan. Sedangkan mulai Selasa (21/9), sudah melayani secara langsung,” ucapnya.

Hudaya memastikan, untuk masyarakat yang ingin mengurus dokumen seperti e-KTP, Akte Kelahiran, Kartu Keluarga dan lain sebagainya, masih tetap dilayani, walaupun membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

”Bagai masyarakat yang sudah datang langsung, pelayanan berkasnya tetap kami layani, tapi mungkin waktunya lebih lama,” beber Hudaya.

Meski begitu, untuk pelayanan dengan menggunakan aplikasi WhatsApp, masih berjalan normal.

”Cuma untuk layanan online, sementara masih terganggu. Sebab, itu menggunakan sarana dari Diskominfostandi langsung ke jaringan internet pelayanan. Tapi bukan berarti kami tidak melayani,” jelasnya.

Sementara Kepala Diskominfostandi Kabupaten Bekasi, Jaoharul Alam menyampaikan permohonan maaf, karena sedang ada pemeliharaan rutin jaringan di lingkungan Pemkab Bekasi, dan mengharuskan tindakan maintenance.

”Jaringan internet sedang dilakukan maintenance selama satu minggu. Mohon maaf atas gangguan yang terjadi,” ungkapnya. (and)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin