Berita Bekasi Nomor Satu

Ternyata Ini Penyebab Gangguan Global Facebook, WhatsApp, dan Instagram

Bos Facebook Mark Zuckerberg. Foto: The Independent.
Bos Facebook Mark Zuckerberg. Foto: The Independent.

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Teka-teki penyebab gangguan global yang dialami Facebook, WhatsApp dan Instagram akhirnya ditemukan.
Facebook menyatakan, perubahan konfigurasi router yang bertugas mengatur lalu lintas di pusat data menjadi pemicu gangguan tersebut.

“Kami meminta maaf untuk semua orang yang terdampak dan kami berusaha memahami lebih dalam tentang apa yang terjadi hari ini supaya kami bisa terus memperkuat infrastruktur kami,” tulis Facebook di laman resmi mereka, Selasa (5/10).

Seperti diketahui, layanan Facebook, Instagram dan WhatsApp di seluruh dunia padam hampir selama enam jam. Namun, saat ini layanan sudah kembali pulih.

Chief Technology Officer Facebook, Mike Schroepfer melalui akun Twitter menyatakan, butuh waktu beberapa saat hingga layanan mereka pulih 100 persen.

Facebook menyatakan, gangguan terjadi karena perubahan konfigurasi pada router tulang punggung mereka, yang bertugas mengatur lalu lintas pada pusat data atau data center.

Perubahan konfigurasi ini, secara berjenjang, menyebabkan perubahan pada pola komunikasi pusat data. Dampak buruknya, ini menyebabkan layanan Facebook menjadi terhenti.

“Kami ingin memperjelas bahwa kami yakin akar pemadaman ini karena kesalahan perubahan konfigurasi. Kami tidak memiliki bukti bahwa data pengguna disusupi akibat pemadaman ini,” tulis Facebook. (wsa)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin