Berita Bekasi Nomor Satu

Bakal Jadi Klub Tajir Melintir, Newcastle Dibeli Putra Mahkota Arab Saudi

RADARBEKASI.ID, LONDON – Newcastle United bakal menjadi klub tajir setelah resmi dibeli konsorsium asal Arab Saudi, Public Investment Fund (PIF). Pembelian ini diungkap Newcastle dalam sebuah pernyataan pada Kamis (7/10).

“Setelah selesainya Tes Pemilik dan Direktur Premier League Inggris, klub telah dijual ke konsorsium dengan segera,” tulis Premier League dalam situs resmi mereka yang dikutip Reuters.

Konsorsium itu diketahui milik Putra Mahkota Arab Saudi, Muhammad bin Salman. Sejatinya, tahun 2020 lalu PIF telah berusaha mengambil alih kepemilikan Newcastle, namun gagal.

PIF sebelumnya telah mengumumkan bahwa mereka menawarkan 305 juta poundsterling atau sekitar Rp 5,89 triliun untuk membeli klub timur laut tersebut dari pengusaha asal Inggris Mike Ashley pada 9 April 2020.

Namun, kesepakatan itu gagal diwujudkan pada Juli 2020 di tengah pengawasan dari Premier League Inggris. Ini menyusul adanya tekanan untuk menghentikan penjualan Newcastle karena kekhawatiran atas dugaan pembajakan siaran di Arab Saudi.

“Premier League Inggris, Newcastle United, dan St James Holdings Limited hari ini telah menyelesaikan sengketa pengambilalihan klub oleh konsorsium PIF, PCP Capital Partners dan RB Sports & Media,” tulis Premier League.

“Sengketa hukum tersebut terkait entitas mana yang akan memiliki dan/atau memiliki kemampuan untuk mengendalikan klub setelah pengambilalihan. Premier League sekarang telah menerima jaminan yang mengikat secara hukum bahwa Kerajaan Arab Saudi tidak akan mengendalikan Klub Sepak Bola Newcastle United,” tambah pernyataan itu.

Perselisihan tersebut melibatkan beIN Sports milik Qatar, pemegang hak siar Liga Premier Inggris di Timur Tengah, yang telah dilarang beroperasi di Arab Saudi.

Arab Saudi mencabut larangan itu pada Rabu demi mempercepat kesepakatan tersebut tercapai. (wsa)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin