Berita Bekasi Nomor Satu

Start dari Posisi Buncit, Hamilton Menangi GP Brasil

Lewis Hamilton merayakan kemenangan Grand Prix Brasil di Sirkuit Jose Carlos Pace, Sao Paulo, Minggu (14/11). Foto: Reuters

RADARBEKASI, SAO PAULO – Perebutan gelar juara dunia Formula 1 tahun ini makin sengit. Sang juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton merangsek mendekati pemuncak klasemen Max Verstappen usai memenangi Grand Prix Sao Paulo, Brasil, Minggu (14/11) WIB.

Dengan hasil ini, Hamilton memangkas jarak dengan pembalap Red Bull itu menjadi 14 poin dengan tiga balapan tersisa musim ini.

Sementara Verstappen harus puas finis runner-up setelah disalip Hamilton di lap ke-59 dari 71. Sementara Valtteri Bottas membawa mobil Mercedes finish di posisi ketiga.

Akhir pekan di Brasil terbukti kontroversial, namun menjadi salah satu penampilan terbaik dan memuaskan bagi Hamilton.

Sang pembalap Inggris tampil tercepat di kualifikasi pada Jumat di Interlagos demi posisi start terdepan di sprint race hari berikutnya. Namun, Hamilton harus start ke ujung belakang grid karena sayap belakang mobil Mercedesnya gagal memenuhi regulasi teknis setelah diinspeksi steward.

FIA mendapati celah sayap belakang mobil bernomor 44 itu kurang 0,2mm dari regulasi yang ditetapkan.

Hamilton start dari P20, namun mampu merangsek ke P5 di sprint race. Ia lagi-lagi menjadi korban penalti karena menggunakan mesin baru di Brasil, sehingga posisi startnya mundur lima posisi ke P10 di balapan Minggu.

Semua ‘cobaan’ itu dilalui Hamilton saaat pembalap berusia 36 tahun asal Inggris tersebut meraih kemenangan ketiganya di Brasil. Raihan ini juga menjadi rekor kemenangan di Negeri Samba itu dari posisi start paling rendah, mengalahkan pembalap Italia Giancarlo Fisichella yang memenangi grand prix pada 2003 dari posisi start delapan.

“Lewis, itulah caranya kamu mengatasi diskualifikasi 20 posisi,” kata bos tim Mercedes lewat radio setelah sang pembalap finis di depan riuh penonton yang memadati tribun. “Sebenarnya 25, tapi kamu benar,” balas Hamilton.

Kemenangan itu menjadi yang keenam diraih Hamilton musim ini dan memperpanjang rekor 101 kemenangan dalam kariernya. (wsa)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin