Berita Bekasi Nomor Satu
Bekasi  

Pelajar Jalani Tes Usap

AMBIL SAMPEL: Pelajar SMPN 5 Kota Bekasi ketika mengikuti tes usap sebagai upaya deteksi dini penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah. IST/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI UTARA – Sebagai upaya deteksi dini dan pencegahan penyebaran Covid-19, Pemerintah Kota Bekasi melakukan tes usap atau swab test kepada puluhan pelajar serta guru selama Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) berlangsung.

Belum lama ini tes dilakukan di SMPN 5 wilayah Bekasi Utara, Kota Bekasi. Dengan melibatkan tenaga kesehatan  puskesmas terdekat dari lokasi sekolah, jumlah peserta tes atau total sampling yang diambil berjumlah 30 siswa dan 35 guru dan tenaga kependidikan.

“Sebanyak 30 siswa-siswi dan 35 guru dan staff tata usaha dilakukan PCR test sebagai sampling untuk mendeteksi apakah ada virus Covid-19 di lingkungan sekolah, dan juga sebagai salah satu aksi pencegahan agar pelaksanaan PTMT tetap aman sehingga kita semua tidak perlu khawatir,” ujar Tiah Yuhana, Wakil Kepala Sekolah SMPN 5 Kota Bekasi.

Menunggu hasil PCR Test dua hingga tiga hari kedepan, aturan pembatasan, hingga membagi jumlah siswa yang masuk dilakukan. Sebanyak 50 persen di sesi pagi, 50 persen di sesi siang. ”Dari total 27 kelas,  tidak semua kelas masuk bersamaan, tetap dibagi dengan porsi 14 kelas untuk pekan ini, 13 kelas untuk pekan depan,” tambahnya.

Salah satu siswa SMPN 5 Kota Bekasi, Dwi menuturkan bahwa diadakannya sampling tes usap PCR  tidak membuat takut dan menurunkan semangat belajarnya. Ia menyampaikan bahwa lebih senang sekolah luring atau offline dibandingkan secara daring atau online.

“Alhamdulillah, selain sudah diberikan vaksin dan diperbolehkan sekolah offline walau terbatas, kami tetap diperhatikan keamanannya salah satunya dengan PCR Test, dan saya tidak takut sama sekali, malahan kalau terbukti semua negatif, sekolah offline akan terus berjalan dan saya lebih senang sekolah offline,” ucap Dwi.

Tidak hanya di SMPN 5 tes juga dilakukan di beberapa sekolah diantaranya  SMPN 13, SMPN 8, dan SMPN 46. Kedepannya Dinas Pendidikan Kota Bekasi berencana untuk terus menjadwalkan pengambilan sampling tes usap PCR  di setiap sekolah secara bergantian.

“Kami, Dinas Pendidikan bersama Dinas Kesehatan akan terus menjalankan sampling PCR Test ke sekolah-sekolah baik SD dan SMP di Kota Bekasi agar memastikan jalannya PTMT tetap aman dan tidak ditemukan satupun kasus terkonfirmasi Covid-19 dari peserta didik maupun tenaga pendidik dan kependidikan, ” pungkas Krisman Irwandi, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi selaku PPID Pembantu. (one/hms).

Solverwp- WordPress Theme and Plugin